20 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 2022

Kristina - detikEdu
Jumat, 23 Sep 2022 12:00 WIB
Rear view of large group of students raising their hands to answer the question on a class.
Ilustrasi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2022. Foto: Getty Images/skynesher
Jakarta -

Organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan, New Jersey Minority Educational Development (NJ MED), merilis daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2022 pada peringkat kuartal kedua. Hasilnya dipublikasikan melalui Global Education Report.

Seperti dilansir dari situs worldtop20.org, Jumat (23/9/2022), pemeringkatan kuartal kedua ini diperoleh dari hasil survei internasional tahunan yang dilakukan NJ MED yang mengidentifikasi bidang kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa 3-21 tahun di 214 negara.

NJ MED mengumpulkan data dari siswa, guru, orang tua, pendidik, dan pembayar pajak yang merupakan investor dalam pendidikan di masing-masing komunitasnya. Survei publik skala internasional ini berlangsung selama dua bulan, yakni Mei dan Juni.

Hasil survei tersebut kemudian dirilis setiap tahunnya dalam Global Education Report. Kemudian, setiap lima tahun sekali mereka menerbitkan Golden Global Education Report untuk memberikan rekomendasi kepada masing-masing negara dalam meningkatkan sistem pendidikan mereka.

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 2022 Versi NJ MED

Berikut 20 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2022 pada kuartal kedua menurut survei yang dilakukan NJ MED.

  1. India
  2. Amerika Serikat
  3. Britania Raya
  4. Australia
  5. Brazil
  6. Rusia
  7. Singapura
  8. Kanada
  9. Belgia
  10. Irlandia
  11. China
  12. Korea Selatan
  13. Spanyol
  14. Jepang
  15. Jerman
  16. Swiss
  17. Swedia
  18. Finlandia
  19. Denmark
  20. Selandia Baru

Selain itu, NJ MED juga merilis daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia pada kuartal pertama. Pemeringkatan kuartal 1 ini berisi preview dari sistem pendidikan bangsa yang meliputi biaya pendaftaran untuk anak usia dini, tamat sekolah SD, dan penyelesain SMP.

Kemudian, biaya kelulusan sekolah menengah atas, biaya kelulusan perguruan tinggi, skor tes, tingkat keamanan sekolah, tingkat buta huruf, serta angka anak putus sekolah.

Hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Korea Selatan
  2. Prancis
  3. Amerika Serikat
  4. Jepang
  5. Denmark
  6. Australia
  7. Belanda
  8. Britania Raya
  9. Swedia
  10. Jerman
  11. Finlandia
  12. Kanada
  13. Irlandia
  14. Belgia
  15. Swiss
  16. Norwegia
  17. Slovenia
  18. Singapura
  19. China
  20. Latvia

Sejumlah lembaga survei lainnya juga melakukan pemeringkatan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dan memungkinkan hasil yang berbeda karena adanya perbedaan metode yang digunakan.



Simak Video "Dubes Marina Berg Bicara soal Sistem Pendidikan di Swedia"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia