Baru Ditemukan! Ini Pohon Tertinggi di China, Tingginya Capai 83 M

Baru Ditemukan! Ini Pohon Tertinggi di China, Tingginya Capai 83 M

Devi Setya - detikEdu
Sabtu, 15 Okt 2022 09:00 WIB
pohon tertinggi
Pohon tertinggi di China Foto: Shine
Jakarta -

Para ilmuwan di China mengklaim baru saja menemukan pohon tertinggi. Pohon yang tumbuh di kawasan Tibet ini adalah jenis pohon cemara yang memiliki tinggi 83,4 meter.

Berlokasi di bagian barat daya Tibet, pohon cemara ini memiliki tinggi setara gedung 28 lantai. Temuan pohon ini sekaligus menjadi kebanggaan warga China, apalagi pohon ditemukan dalam keadaan subur.

Dilansir dari Shine (14/10/2022) pohon ini secara ilmiah bernama Abies ernestii var. salouenensis. Dalam bahasa China, pohon ini disebut Yunnan huangguo lengshan. Jika ditelusuri jenisnya maka pohon tertinggi di China ini termasuk dalam keluarga pohon cemara.

pohon tertinggipohon tertinggi di China Foto: Shine

Ditemukan pada Mei 2022

Pohon tertinggi di China ini ditemukan oleh tim investigasi ilmiah yang terdiri dari beberapa institusi, seperti Institute of Botany di bawah Chinese Academy of Sciences, Wild China Film dan Shanghai Chenshan Botanical Garden. Pohon ini pertama kali ditemukan pada Mei 2022.

Pada awal ditemukan, pohon ini memiliki ketinggian 83,2 meter. Lokasi ditemukannya pohon ini adalah di kawasan hutan sekitar Kota Zayu. Saking tingginya, pohon ini tampak sangat berbeda dengan pohon lainnya.

Kemudian pada Agustus 2022, tim peneliti kembali menyambangi pohon ini dan mengukur ketinggiannya. Selang beberapa bulan, ternyata pohon ini bertambah tinggi menjadi 83,4 meter.

Iklim dan lingkungan memberi pengaruh besar

Hutan di kawasan Zayu memiliki iklim yang sejuk, lingkungan geologis yang asri, dan jarang terjamah manusia. Hal ini menjadi alasan bagi pohon-pohon dan flora di sini dapat tumbuh subur.

Tinggi rata-rata pohon di hutan ini adalah sekitar 70 meter.

Pada pohon tertinggi di China ini juga merupakan rumah bagi tumbuhan lain. Ada lebih dari 50 spesies tanaman yang tumbuh di batang pohon ini mulai dari tanaman pakis hingga lumut.

Tim peneliti telah membawa sampel dari pohon ini untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Rencananya sampel pohon ini akan menjalani penelitian di Chinese Field Herbarium dan Chenshan Botanical Garden. Salah satu penelitiannya berfokus pada perkiraan usia pohon ini.

Pohon tertinggi di dunia

Meskipun diklaim sebagai pohon tertinggi di China, tetapi tidak bisa ditetapkan sebagai pohon tertinggi di dunia.

Pohon tertinggi di dunia saat ini adalah pohon setinggi 115,8 meter bernama Hyperion yang tumbuh di California, Amerika Serikat. Pohon ini ditemukan oleh pencinta alam bernama Chris Atkins dan Michael Taylor pada tahun 2006 lalu.

Sementara di Asia, pohon tertinggi adalah pohon meranti kuning bernama Menara. Pohon ini ditemukan di Area Konservasi Lembah Danum Malaysia. Pohon ini memiliki tinggi 100,8 meter, yang menjadikannya ditetapkan sebagai pohon tertinggi di Asia.



Simak Video "Momen Evakuasi Sopir Tewas Terjepit Tertimpa Pohon Tumbang di Gowa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia