Apa Itu Hewan Ovovivipar? Ini Ciri-ciri dan Contohnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 07:00 WIB
Stingray fishes swimming in the clear sea water.
Ikan pari merupakan contoh hewan ovovivipar Foto: (iStock)
Jakarta -

Umumnya, hewan berkembangbiak dengan cara bertelur (ovipar) dan cara melahirkan (vivipar). Tetapi ada juga hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan beranak. Hal ini dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) disebut sebagai hewan ovovivipar.

Nah, daripada bingung sebenarnya apa itu hewan ovovivipar, lalu apa ciri-cirinya, dan kira-kira apa saja contohnya. Yuk cari tahu di bawah ini detikers!

Pengertian Hewan Ovovivipar

Dalam buku Biologi Edisi Kedelapan yang ditulis oleh Campbel A. Neil bahwa hewan ovovivipar adalah mekanisme berkembang biak hewan dengan cara bertelur dan beranak.

Bagaimana maksudnya? Jadi hewan ovovivipar akan mengembangbiakan telur di dalam tubuh induknya dengan stimulasi cadangan makanan dari embrio.

Artinya, embrio tersebut akan berkembang di dalam telur yang berada di tubuh induk. Hingga di saat yang sudah sesuai, maka telur tersebut akan menetas dengan sendirinya. Nah, proses ini yang memiliki kesan bahwa hewan ovovivipar mirip dengan hewan vivipar karena terlihat seperti melahirkan biasa.

Utamanya, proses berkembang biak dari hewan ovovivipar ini terlihat dari proses pembuahan di dalam tubuh induk yang akan memproduksi zigot. Di mana zigot ini lambat laun akan berevolusi menjadi embrio pada telur.

Zigot akan berkembang menjadi embrio dengan stimulasi makanan dari dalam telur. Setelah itu, zigot yang telah sempurna dan menjadi embrio akan melahirkan.

Ciri-ciri Hewan Ovovivipar

Untuk mengenali lebih mudah mengenai hewan ovovivipar, ada beberapa ciri-ciri yang dapat kamu perhatikan, seperti:

  1. Embrio yang berasal dari zigot tumbuh di dalam telur di tubuh induk
  2. Setelah cukup umur, telur tersebut akan menetas dan melahirkan
  3. Telur menjadi sumber utama cadangan makanan untuk embrio
  4. Pertumbuhan cenderung cepat
  5. Bentuk fisik antara anak dan induk sama
  6. Reproduksi dilakukan secara seksual dengan lawan jenis
  7. Induk tidak menyusui anaknya

Contoh Hewan Ovovivipar

Nah, setelah memahami pengertian dan ciri-ciri dari hewan ovovivipar, yuk cari tahu contoh hewannya apa saja!

Contoh hewan ovovivipar adalah:

1. Ikan Hiu

Ikan hiu yang terkenal menjadi penguasa lautan ini terjadi memiliki cara berkembang biak dengan ovovivipar lo. Yap, ikan hiu akan membawa telur di dalam tubuhnya untuk memproteksi dari ikan-ikan lain di lautan. Setelah cukup umur, maka telur tersebut akan menetas di perut dan keluar seperti layaknya melahirkan.

2. Ikan Pari

Hampir mirip dengan ikan hiu, di mana ikan pari juga adalah hewan yang memiliki kategori berkembang biak ovovivipar. Di mana embrio induk ikan pari akan tumbuh di dalam telur dan akan melahirkan saat waktunya sudah tepat. Embrio ini akan banyak mendapatkan nutrisi dari dalam telur yang semakin menambah perkembangannya hingga fase melahirkan.

3. Platypus

Menurut para ahli, hewan platipus ini adalah hewan yang aneh dan keluar dari kodratnya sebagai mamalia. Sebagai mamalia, platypus ternyata juga bertelur namun juga melahirkan dan menyusui anak-anaknya. Karena hal ini, para ahli menggolongkan platipus sebagai hewan ovovivipar.

4. Kadal

Jika kamu mengira jika kadal adalah hewan ovipar maka jawabannya salah. Ternyata kadal ini adalah hewan ovovivipar yang menyimpan telur di dalam tubuhnya. Embrio dari kadal akan banyak mendapatkan rangsangan nutrisi yang biasanya berasal dari makanan utama dari kadal, seperti telur dan lain sebagainya. Saat embrio sudah memasuki waktu yang sesuai, maka kadal akan segera melahirkan.

5. Salamander

Terakhir, ada salamander yang termasuk hewan ovovivipar. Yap jadi salamander ini alamander akan membesarkan telurnya di dalam perut induk betina. Sama halnya dengan hewan-hewan ovovivipar yang lain, telur tersebut akan berubah menjadi embrio dan saat waktunya telah siap akan segera melahirkan.

Itu adalah pengertian, ciri-ciri, dan contoh dari hewan ovovivipar .



Simak Video "Zelenskiy Bantah Tuduhan Rusia tentang Program Senjata Biologi"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia