Bolehkah Membaca Niat Wudhu di Kamar Mandi?

Bolehkah Membaca Niat Wudhu di Kamar Mandi?

Rahma Harbani - detikEdu
Rabu, 12 Okt 2022 06:00 WIB
Ilustrasi wanita wudhu
Ilustrasi wudhu. Bolehkah membaca niat wudhu di kamar mandi? (Tripa Ramadhan/Detikcom)
Jakarta -

Perkara kebolehan membaca niat wudhu di kamar mandi mungkin masih membingungkan di kalangan muslim. Pasalnya, membaca bacaan ayat suci, zikir, atau pun doa di dalam kamar mandi kerap dianggap tidak elok.

Bahkan, dalam salah satu riwayat hadits, Rasulullah SAW pernah kedapatan tidak menjawab salam saat sedang buang air kecil.

أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّمَ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.

Artinya: "Ada seseorang yang melewati Rasulullah SAW dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya." (HR Muslim).

Di sisi lain, ada kondisi di mana muslim harus berwudhu di dalam kamar mandi karena terbatasnya tempat untuk wudhu. Padahal membaca niat wudhu termasuk dalam fardhu wudhu yang menjadi penentu syarat sahnya seseorang dalam melaksanakan wudhu.

Bolehkah Membaca Niat Wudhu di Kamar Mandi?

Persoalan ini telah dijawab oleh ulama terdahulu. Salah satunya Ibnu 'Abidin dalam Al Mawsu'atul Fiqhiyyah yang berpendapat soal prioritas mana yang sebaiknya diambil muslim antara tetap membaca niat wudhu demi menjaga kesunnahan atau meninggalkannya karena tempatnya.

"Pendapat yang jelas adalah meninggalkan kesunnahan karena kebanyakan ulama lebih memprioritaskan larangan dari perintah. Hal ini sesuai dengan pendapat ulama dari Mazhab Hambali yang mengatakan (lafaz) Bismillah wajib dalam wudhu," katanya yang diterjemahkan Kusnadi S. Ag., M. Ag. dalam QnA Persoalan Islam.

Ibnu 'Abidin menambahkan, ulama Mazhab Maliki juga tetap memakruhkan membaca zikir di dalam kamar mandi. Namun, hal itu tidak berlaku demikian bila dilakukan dalam hati.

Pendapat lain juga mengungkapkan, niat dan ucapan doa selama wudhu bisa diucapkan dalam hati. Sementara untuk ucapan Bismillah, ada yang berpendapat bisa dikatakan dengan jelas, bila tempat wudhu terpisah dengan toilet atau kamar mandi meski dalam satu lokasi.

Selain membaca niat wudhu di kamar mandi, ada beberapa aturan lain yang sifatnya makruh saat bersuci. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan air berlebihan

2. Menyemprotkan air dengan kuat ke muka dan anggota tubuh lain

3. Berbicara

4. Minta tolong tanpa sebab yang jelas sehingga cenderung merepotkan

5. Mengusap leher

6. Berlebihan saat kumur atau memasukkan air dalam hidung, apalagi jika sedang puasa

7. Menggunakan air yang terlalu panas, dingin, atau dalam wadah berkarat.

Adapun Prof Dr Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu Jilid 1 mengatakan, berwudhu di kamar mandi sendiri termasuk dalam perkara yang dimakruhkan sesuai dengan Mazhab Mailiki meskipun kamar mandi tersebut dalam kondisi baru digunakan.

"Berwudhu di tempat yang najis adalah makruh. Hal ini supaya ia tidak terkena najis. Ulama Hanafi menambahkan, makruh juga berwudhu menggunakan air lebihan," tulis buku tersebut.



Simak Video "Keluarga Ungkap Sederet Firasat Jelang Berpulangnya Rudy Salim"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia