Daftar Amalan yang Bisa Dikerjakan saat Maulid Nabi

Daftar Amalan yang Bisa Dikerjakan saat Maulid Nabi

Nikita Rosa - detikEdu
Sabtu, 08 Okt 2022 18:15 WIB
Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW: Tradisi dan Maknanya
Amalan yang Bisa Dikerjakan Menyambut Maulid Nabi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Baramyou0708)
Jakarta -

Peringatan Maulid Nabi jatuh pada 12 Rabiul Awal. Tahun ini, Maulid Nabi diperingati hari ini, 7-8 Oktober 2022. Apa saja amalan yang bisa dikejarkan saat Maulid Nabi?

Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal dalam kalender hijriah. Perayaan Maulid Nabi sendiri baru dimulai pada masa dinasti abbasiyah.

Menurut Nuruddin Ali dalam Wafa'ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa, seorang bernama Khaizuran (170 H/786 M) yang merupakan ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad di Masjid Nabawi.

Dari Madinah, Khaizuran menyambangi Makkah dan menyebarkan perintah yang sama kepada penduduk Makkah untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Jika di Madinah bertempat di masjid, Khaizuran memerintahkan kepada penduduk Makkah untuk merayakan Maulid di rumah-rumah mereka.

Menurut situs Nadhatul Ulama (NU), Khaizuran merupakan sosok berpengaruh selama masa pemerintahan tiga khalifah Dinasti Abbasiyah, yaitu pada masa Khalifah al-Mahdi bin Mansur al-Abbas (suami), Khalifah al-Hadi, dan Khalifah al-Rasyid (putra)

Menyambut Maulid Nabi, amalan yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbanyak sholawat nabi. Namun, masih banyak ibadah lainnya dan bisa menjadi ladang amal untuk seorang muslim.

Berikut 6 Amalan saat Maulid Nabi SAW yang bisa dikerjakan umat muslim.

6 Amalan saat Maulid Nabi

1. Memperbanyak Sholawat Nabi

Mengutip buku bertajuk Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah karya Siti Zamratus Sa'adah, memperbanyak sholawat nabi saat bulan Rabiul Awal sangat dianjurkan. Salah satu keutamaan membaca sholawat nabi bisa menghapuskan dosa.

Agama Islam menganjurkan membaca sholawat nabi ditegaskan dalam surah Al Ahzab ayat 56.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا
Bacaan latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan orang yang bersholawat atas dirinya.

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya: "Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

2. Puasa Sunnah

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan umat muslim. Puasa Ayyamul Bidh sendiri adalah puasa sunnah yang dikerjakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 di bulan qomariyah pada kalender Hijriyah.

Amalan ini telah dicontohkan Rasulullah SAW semasa hidupnya. Keutamaan seseorang muslim yang mengerjakan ibadah sunnah ini akan dicatat seperti orang yang berpuasa sepanjang tahun.

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda kepadanya,

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ
"Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah)." (HR. Tirmidzi, no. 761).

Selain itu, umat muslim bisa menjalankan puasa sunnah Senin-Kamis.

3. Mempelajari Sirah Nabawiyah

Mempelajari Sirah Nabi Muhammad SAW menjadi sumber memperkaya pengetahuan tentang Nabi Muhammad. Sirah Nabawiyah adalah rekaman kehidupan Nabi Muhammad sejak kecil hingga diangkat menjadi Rasul. Mempelajari Sirah Nabawiyah dapat menambah wawasan tentang Rasulullah SAW dalam menyambut Maulid Nabi.

4. Bersedekah

Sedekah menjadi salah satu ibadah yang bernilai pahala besar dan tercatat dalam Al-Qur'an. Sedekah juga semakin istimewa ketika dijalankan pada hari Jumat.

Dalam surat Al Hadid ayat 18, Allah SWT berfirman tentang balasan orang yang bersedekah.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ - ١٨

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS Al Hadid ayat 18).

Tercatat juga dalam surat Al Baqarah ayat 254 yang disebutkan bahwa sedekah merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT.

Dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 254 Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim." (QS Al Baqarah 2 ayat 254).

5. Menghadiri Majelis Ilmu

Seorang muslim dianjurkan untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu dengan datang ke majelis ilmu bagi umat muslim tidak hanya untuk menghilangkan kebodohan dari diri sendiri dan orang lainnya. Namun, dilakukan semata-mata untuk mencari ridho Allah SWT dan kehidupan akhirat.

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya: "Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu," (HR Ahmad).

6. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an menjadi salah satu amalan yang tidak hanya dikerjakan pada hari kelahiran nabi, namun sepanjang hayat. Kemukjizatan Al-Qur'an terletak pada janji Allah SWT yang akan menjamin dengan dirinya sendiri memelihara dan menjaga-Nya.

Sebagaimana firman-Nya, "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya." (QS. Al-Hijr [15]:9).

Demikian enam amalan yang bisa dikerjakan umat muslim dalam menyambut Maulid Nabi.



Simak Video "Jual Parsel Buah-buahan, Pedagang Lumajang Raih Untung 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia