Siswa, Begini Lho Cara Mendapat Penghargaan Nobel

Siswa, Begini Lho Cara Mendapat Penghargaan Nobel

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 07 Okt 2022 09:00 WIB
Oslo, Norway - April 29, 2015: The Nobel Peace Center, Oslo, Norway.
Ilustrasi cara mendapatkan hadiah Nobel. Foto: Getty Images/iStockphoto/rrodrickbeiler
Jakarta -

Apakah detikers tahu, bagaimana seseorang bisa memperoleh hadiah Nobel? Penghargaan ini biasanya diumumkan setiap tahun pada musim gugur dan sudah ada sejak tahun 1901.

Ada lima disiplin ilmu yang terlibat dalam program ini, yaitu kedokteran/fisiologi, sastra, fisika, kimia, dan perdamaian. Di samping itu, ada juga hadiah bidang ekonomi yang diberikan pada saat upacara Nobel, meski secara teknis bukanlah hadiah Nobel.

Bagaimana Cara Mendapatkan Nobel?

Pengumuman pemenang Nobel biasanya datang satu tahun setelah proses seleksi berlangsung. Dikutip dari Britannica, pada bulan September tahun sebelumnya, Komite Nobel akan mengundang lebih dari 6 ribu orang untuk mengajukan nama yang bakal dipertimbangkan.

Disebabkan seseorang tidak bisa mengajukan dirinya sendiri, maka jika ingin memperoleh Nobel sebaiknya menjalin koneksi dengan peraih Nobel waktu-waktu sebelumnya, anggota Komite Nobel, pejabat di universitas bergengsi, pejabat pemerintah, atau bahkan ilmuwan dan tokoh sentral terkemuka.

Jatuh tempo pengajuan kandidat Nobel adalah tanggal 31 Januari. Komite biasanya menerima lebih dari seribu nama kandidat. Persaingan di kategori peraih Nobel Fisika dan Ekonomi biasanya punya daftar terbanyak, tetapi kompetisi calon peraih Nobel Perdamaian jauh lebih ketat.

Pada waktu musim semi, daftar tersebut akan dikerucutkan menjadi sekitar 15 nama. Tentunya hal ini juga dikalkulasi berdasarkan konsultasi kepada para ahli.

Rekomendasi yang telah tersortir itu kemudian diberikan kepada lembaga yang bertugas memberikan hadiah. Lembaga-lembaga ini jugalah yang menentukan pilihan terakhir.

Pihak yang bertugas menganugerahkan hadiah untuk fisika, kimia, dan ekonomi adalah Royal Swedish Academy of Sciences. Kemudian, yang bertugas memberikan penghargaan Nobel Kedokteran/Fisiologi adalah Karolinska Institute.

Sementara, Nobel Sastra diberikan oleh Swedish Academy dan Nobel Perdamaian oleh Norwegian Nobel Committee. Hadiah Nobel akan diserahkan kepada pemenang pada bulan Desember dan diberikan juga uang tunai, diploma, serta medali emas.



Simak Video "Jokowi Pamer RI Tak Terpuruk Seperti Negara Besar Gegara Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia