ADVERTISEMENT

Daftar 4 Pemenang Medali Fields 2022, Ada Matematikawan Ukraina

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 07 Jul 2022 09:00 WIB
Newtons Equations. Rear view, close-up on young man standing back against green chalkboard. He explains, solves physics tasks, retro style. Processing for retro bleached look, slight vignette added.
Foto: Getty Images/iStock/Daftar 4 Pemenang Medali Fields 2022, Ada Matematikawan Ukraina
Jakarta -

International Mathematical Union (IMU) telah mengumumkan penerima Medali Fields 2022 dalam sebuah upacara di Helsinki, Finlandia, pada 5 Juli 2022 lalu.

Penghargaan Field Medals dari International Congress of Mathematicians adalah penghargaan tertinggi di bidang matematika, sejajar dengan penghargaan nobel.

Penghargaan ini dimulai dari kongres Internasional Ahli Matematika (ICM) 1932 di Zurich, yang mengusulkan bahwa di setiap ICM, dua medali emas harus diberikan untuk mengakui pencapaian matematika yang luar biasa.

Sejak saat itu, Fields Medal diberikan setiap empat tahun pada ICM untuk mengakui pencapaian matematikawan individu yang umurnya belum genap 40 tahun.

Mengutip laman American Mathematical Society, berikut ini daftar pemenang Medali Fields 2022:


Daftar Pemenang Medali Fields Matematika 2022:


1. Hugo Duminil Copin - Swiss

Hugo adalah seorang profesor di Universitas Jenewa, Swiss, dan seorang profesor tetap di Institut des Hautes études Scientifiques, Prancis.

Hugo diakui untuk memecahkan masalah lama dalam teori probabilitas transisi fase dalam statistik fisika, terutama dalam dimensi tiga dan empat.

2. June Huh - Amerika Serikat

Seorang profesor di Universitas Princeton, Amerika Serikat ini diakui karena membawa gagasan teori Hodge ke kombinatorik, bukti dugaan Dowling-Wilson untuk kisi geometris, bukti dugaan Heron-Rota-Welsh untuk matroid, pengembangan polinomial Lorentzian, dan bukti dugaan Mason yang kuat.

3. James Maynard - Inggris

Matematikawan satu ini adalah seorang profesor di Universitas Oxford, Inggris Raya. Maynard juga memenangkan Hadiah AMS Cole 2020 dalam Teori Angka.

Dalam raihan Medali Fields 2022, James diakui untuk kontribusinya pada teori bilangan analitik, yang telah membawa kemajuan besar dalam pemahaman tentang struktur bilangan prima dan dalam pendekatan Diophantine.

4. Maryna Viazovska

Viazovska adalah seorang profesor dan ketua teori bilangan di ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, Swiss. Viazovska juga pernah memenangkan Hadiah Satter AMS 2019.

Dalam penghargaan Medali Fields 2022, matematikawan Ukraina ini diakui karena menemukan bukti bahwa kisi E8 menyediakan kemasan terpadat dari bola identik dalam 8 dimensi. Ia juga berkontribusi lebih lanjut untuk masalah ekstrem dan interpolasi terkait masalah dalam analisis Fourier.

Nah, itulah 4 matematikawan yang berhasil mendapatkan Medali Fields 2022. Semoga menginspirasi detikers, ya!



Simak Video "Kisah Ilmuwan yang Celaka Karena Temuannya Sendiri "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia