10 Negara Paling Bersih di Dunia, Ada Negara Favorit Kamu?

10 Negara Paling Bersih di Dunia, Ada Negara Favorit Kamu?

Nikita Rosa - detikEdu
Jumat, 09 Sep 2022 19:30 WIB
Copenhagen, Denmark - 13 June, 2021: people enjoy a summer day in the busy Nyhavn quarter on the waterfront in Copenhagen with many restaurants and bars and Danish flags above
Daftar Negara Terbersih di Dunia. (Foto: iStock)
Jakarta -

Kebersihan berkontribusi besar pada kelangsungan hidup manusia. Air dan udara bersih, sanitasi, sampai pengelolahan limbah bisa berpengaruh secara signifikan bagi kesehatan penduduknya. Dari negara-negara di dunia, negara mana yang menjadi negara terbersih di dunia?

Peneliti dari Universitas Yale dan Columbia telah berkolaborasi dengan World Economic Forum untuk mengukur tingkat kebersihan dan ramah lingkungan di 180 negara dunia. Untuk menilai negara-negara yang ada mereka menciptakan Indeks Kinerja Lingkungan atau Environmental Performance Index (EPI).

Indeks Kinerja Lingkungan mengukur 32 indikator di 11 kategori yang terkait dengan dua tujuan kebijakan menyeluruh: vitalitas ekosistem dan kesehatan lingkungan. Kategori ini termasuk kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati dan habitat, dan keberlanjutan.

Setelah skor ditabulasi, negara-negara diurutkan dari yang paling bersih hingga yang paling kotor. Dengan cara ini, negara dapat melihat seberapa efektif kebijakan lingkungan mereka dan seberapa dekat mereka untuk mencapai tujuan lingkungan mereka.

Dari 180 negara yang diukur pada 2021 lalu, ada 10 negara terbersih di dunia. Uniknya, negara-negara ini berasal dari satu benua yang sama yakni benua Eropa. Negara mana saja mendapat predikat negara terbersih di dunia? ini daftarnya dilansir dari situs World Population Review.

10 Negara Terbersih di Dunia

1. Denmark

Dengan total skor EPI 82,5, Denmark adalah negara terbersih dan paling ramah lingkungan di dunia. Denmark meraih posisi pertama karena skornya yang tinggi dalam beberapa kategori, yakni Pengolahan Air Limbah (100), Pengelolaan Limbah (99,8), dan Indeks Perlindungan Spesies (100).

Denmark juga memiliki beberapa kebijakan yang paling komprehensif dan efektif di dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Fokus Denmark pada pembangunan keberlanjutan terlihat pada peningkatan jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik di negara tersebut.

2. Luksemburg

Luksemburg telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Skor keseluruhan Luksemburg adalah 82,3, tetapi yang lebih mengesankan adalah skornya dalam Sanitasi (100), Air Minum (97,7), dan Emisi Polusi (100).

Sebuah negara yang relatif kecil dengan kurang dari 600.000 orang, Luksemburg adalah negara yang sebagian besar pedesaan dengan hutan lebat dan taman alam yang luas.

3. Swiss

Swiss adalah negara terbersih ketiga di dunia, dengan skor EPI keseluruhan 81,5. Swiss mendapat skor sangat tinggi untuk Air Minum (100) dan Sanitasi (100), dan menyamai skor sempurna Denmark dalam Indeks Perlindungan Spesies.

Hal ini tidak mengejutkan. Sebab, Swiss dikenal dengan air bersih dan satwa liarnya yang melimpah.

4. Inggris

Inggris adalah negara terbersih keempat di dunia dengan skor EPI 81,3. Dengan populasi 66,52 juta orang, Inggris bisa mempertahankan kebersihan dengan nilai sempurna untuk Air Minum, Sanitasi, dan Emisi Polusi.

5. Prancis

Prancis memiliki skor EPI 80, menjadikannya negara terbersih kelima di dunia. Meskipun Prancis adalah negara industri, hampir 80 persen sumber energinya berasal dari tenaga nuklir. Membuat emisi karbon berkurang dan mencapai skor 100 sempurna dalam Emisi Polusi.

Inisiatif lingkungan Prancis termasuk turbin air di sepanjang sungai dan melarang supermarket membuang makanan yang tidak diperjualkan lagi.

6. Austria

Dengan EPI 79,6, Austria adalah negara terbersih keenam di dunia. Austria menempati peringkat ketiga secara keseluruhan untuk pertanian, dengan peraturan ketat untuk pestisida dan pupuk, dan peringkat kelima untuk vitalitas ekosistem.

Austria dikenal memiliki beberapa standar polusi udara, bahan kimia, dan pengelolaan limbah paling ketat di Eropa. Sekitar dua pertiga dari Austria ditutupi hutan lebat dan padang rumput.

7. Finlandia

Sekitar 35 persen energi Finlandia berasal dari sumber energi terbarukan. Finlandia menempati peringkat pertama di dunia untuk Kesehatan Lingkungan (99,3) dan Kualitas Udara (98,8), serta mencapai 100 sempurna untuk Sanitasi & Air Minum dan Paparan Logam Berat. Negara ini juga memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

8. Swedia

Skor EPI Swedia adalah 78,7. Negara ini adalah salah satu yang paling berfokus pada keberlanjutan di dunia, dikenal karena emisi karbon dioksidanya yang rendah membuat ia menjadi negara dengan udara terbersih kedua di dunia.

Swedia juga berfokus pada alam dan telah meningkatkan penghijauan di seluruh negeri. Hasilnya, ada ribuan hektar hutan Swedia dalam tahap pelestarian.

9. Norwegia

Skor EPI Norwegia adalah 77,7, menjadikannya negara kesembilan terbersih di dunia. Norwegia memiliki skor 100 sempurna untuk Sanitasi dan Air Minum serta skor kualitas udara 97,9, tertinggi kelima secara global.

Norwegia menempati peringka kedua di dunia dalam Kesehatan Lingkungan. Listrik Norwegia 97 persen bersifat energi terbarukan. Pada akhir tahun 2020, pemerintah menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen.

10. Jerman

Jerman adalah negara terbersih kesepuluh dan juga negara paling maju secara teknologi di dunia. Skor EPI Jerman adalah 77,2, dengan skor sempurna untuk Sanitasi dan peringkat keempat untuk Keanekaragaman Hayati dan Habitat.

Jerman kini sedang merintis "revolusi energi terbarukan". Salah satu negara terbersih di dunia ini berusaha meningkatkan keramahan lingkungannya melalui inisiatif hijau dan investasi dalam keberlanjutan.



Simak Video "Bangga! 5 Tahun Berturut-turut Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia