Kemenag Imbau Sholat Gaib untuk Korban Kanjuruhan, Digelar Jumat

Kemenag Imbau Sholat Gaib untuk Korban Kanjuruhan, Digelar Jumat

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 05 Okt 2022 10:30 WIB
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsya) Kemenag Adib
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsya) Kemenag Adib. (Dok. Kemenag)
Jakarta -

Kericuhan yang terjadi di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022) lalu menyisakan banyak duka. Tragedi berdarah itu menewaskan ratusan penonton. Kementerian Agama (Kemenag) turut menyampaikan rasa duka citanya sekaligus mengimbau masyarakat untuk melaksanakan sholat gaib.

"Diberitahukan kepada umat Islam di seluruh Indonesia, sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada kejadian Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, maka diimbau agar melaksanakan sholat gaib," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsya) Kemenag Adib dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (5/10/2022).

Adib menuturkan, pelaksanaan sholat gaib diselenggarakan setelah sholat Jumat pekan ini yakni sholat Jumat pada 7 Oktober mendatang. "Sholat gaib digelar untuk mendoakan korban meninggal dunia dan dapat dilaksanakan setelah sholat Jumat pada 7 Oktober 2022," jelasnya.

Adib menambahkan, nantinya sholat gaib untuk korban tragedi Kanjuruhan juga dapat dilaksanakan di Masjid Istiqlal.

Menag Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan belasungkawanya atas peristiwa tersebut. "Turut berduka cita atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang," tuturnya.

Menteri Agama itu mengatakan bahwa tidak ada sepak bola yang lebih berharga dari nyawa manusia. Tragedi berdarah itu terjadi usai pertandingan sepak bola antara Arema Malang dengan Persebaya Surabaya.

Hingga saat ini, melansir dari detikNews, korban tewas akibat tragedi Kanjuruhan telah mencapai 131 orang. Penambahan jumlah korban disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Adapun terkait Liga 1 musim 2022/2023, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menegaskan akan menunda kompetisi tersebut hingga batas yang ditentukan.



Simak Video "Titah Andika Minta Komandan TNI Pengamanan Kanjuruhan Diperiksa"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia