Sejarah Hari Guru Sedunia 5 Oktober, Ditetapkan oleh UNESCO

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 04 Okt 2022 11:30 WIB
Twibbon Hari Guru Sedunia 2022 bisa digunakan untuk memeriahkan peringatan internasional tersebut. Hari Guru Sedunia 2022 akan diperingati pada 5 Oktober.
Ilustrasi sejarah Hari Guru Sedunia. Foto: Istock
Jakarta -

Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teachers' Day. Dikatakan dalam situs resmi UNESCO, tema peringatan pada tahun ini adalah "The transformation of education begins with teachers" atau "Transformasi pendidikan dimulai dari guru."

Makna Hari Guru Sedunia 2022 bukan saja merayakan peran guru sebagai sosok yang memiliki peran dalam perkembangan pendidikan, tetapi juga sebagai dukungan kepada guru-guru supaya semakin semangat dalam memberikan ilmunya di seluruh dunia.

"Hari ini, pada Hari Guru Sedunia, kami merayakan peran penting guru dalam mengubah potensi peserta didik dengan memastikan mereka memiliki alat yang mereka butuhkan untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, untuk orang lain, dan untuk bumi ini," ujar Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay.

UNESCO sendiri menetapkan Hari Guru Sedunia pada 1994 silam. Lantas, apa yang melatarbelakangi mereka dalam menginisiasinya?

Sejarah Hari Guru Sedunia

Diterangkan dalam The Alberta Teacher's Association, UNESCO meresmikan Hari Guru Sedunia dalam rangka memusatkan perhatian atas kontribusi dan prestasi guru, juga untuk menyoroti keprihatinan serta prioritas guru dalam hal pendidikan.

Tanggal 5 Oktober dipilih karena memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi UNESCO tahun 1966 mengenai status guru. Untuk pertama kalinya, rekomendasi tersebut memberikan guru di seluruh dunia sebuah instrumen yang mendefinisikan tanggung jawab dan menegaskan hak-hak mereka.

Perlu dipahami, tanggal peringatan Hari Guru Sedunia tidaklah sama dengan Hari Guru Nasional di Indonesia.

Mengutip detikNews, Hari Guru Nasional diperingati tanggal 25 November setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan memberi penghormatan kepada guru serta memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI.

Kendati terdapat perbedaan antara keduanya, Hari Guru Sedunia maupun Hari Guru Nasional di Indonesia sama-sama merayakan peran guru dalam pengembangan pendidikan di seluruh dunia.

Itulah sejarah Hari Guru Sedunia dan ulasan singkat mengenai perbedaannya dengan Hari Guru Nasional.



Simak Video "Peringati Hari Guru, Siswa SD di Sidrap Buat Prakarya dari Barang Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia