Ciri-ciri Orang Beriman dalam Al-Qur'an, Bukan Cuma Rajin Sholat

Ciri-ciri Orang Beriman dalam Al-Qur'an, Bukan Cuma Rajin Sholat

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 01 Okt 2022 06:00 WIB
religious islamic background of hands of muslim prayer woman with prayer beads in dua praying for allah blessing in mosque
Ilustrasi. Ciri-ciri orang beriman disebutkan dalam Al-Qur'an. Apa saja? (Getty Images/iStockphoto/Mongkolchon Akesin)
Jakarta -

Allah SWT dalam firmanNya telah menyebutkan sejumlah ciri-ciri orang beriman. Beberapa ciri tersebut dapat ditemukan dalam surah Al Mu'minun ayat 1-11 dan surah Al Anfal 2-4.

Berdasarkan ayat tersebut, didapat bahwa ciri-ciri orang beriman adalah mereka yang khusyuk dalam sholatnya, menghindari perbuatan yang sia-sia, membayar zakat, dan mereka yang memelihara diri dari perbuatan zina. Allah SWT berfirman dalam surah Al Mu'minun ayat 1-11,

(1) قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ
(2) الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ
(3) وَالَّذِيْنَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُوْنَ ۙ
(4) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِلزَّكٰوةِ فٰعِلُوْنَ ۙ
(5) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِفُرُوْجِهِمْ حٰفِظُوْنَ ۙ
(6) اِلَّا عَلٰٓى اَزْوَاجِهِمْ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ فَاِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُوْمِيْنَۚ
(7) فَمَنِ ابْتَغٰى وَرَاۤءَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْعَادُوْنَ ۚ
(8) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِاَمٰنٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُوْنَ ۙ
(9) وَالَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَوٰتِهِمْ يُحَافِظُوْنَ ۘ
(10) اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْوٰرِثُوْنَ ۙ
(11) الَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْفِرْدَوْسَۗ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Artinya: "Sungguh, beruntunglah orang-orang mukmin. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya, orang-orang yang meninggalkan (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki.

Sesungguhnya mereka tidak tercela (karena menggaulinya). Maka, siapa yang mencari (pelampiasan syahwat) selain itu, mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.

(Sungguh beruntung pula) orang-orang yang memelihara amanat dan janji mereka. Orang-orang yang memelihara salat mereka. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yaitu) orang-orang yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya."

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, ciri-ciri orang beriman dalam surah Al Anfal ayat 2-4 juga menyebutkan bahwa orang beriman adalah orang yang melaksanakan sholat dan menginfakkan rezekinya. Di samping itu, ciri orang beriman lain adalah mereka yang gemetar hatinya jika disebut nama Allah dan mendengar bacaan ayat Al-Qur'an.

Gus Miftah dalam edisi detikKultum Ramadhan mencontohkan hati orang beriman yang bergetar ketika mendengar azan, ayat suci Al-Qur'an, ataupun saat nama besar Allah disebut. Salah satunya, kata Gus Miftah, seseorang merasa senang saat mendengar adzan Magrib namun tidak hanya semata-mata untuk berbuka puasa.

"Ketika Anda mendengarkan adzan, mendengarkan lantunan Qur'an, mendengarkan ke-Akbar-an Allah disebutkan, kira-kira hati kita ini bergetar apa enggak?" tutur dia, dikutip dari arsip detikcom.

Selengkapnya, ciri-ciri orang beriman dalam surah Al Anfal ayat 2-4 dapat disimak pada ulasan berikut.

(2) اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَۙ
(3) الَّذِيْنَ يُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَۗ
(4) اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ حَقًّاۗ لَهُمْ دَرَجٰتٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌۚ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah mereka yang jika disebut nama Allah, gemetar hatinya dan jika dibacakan ayat-ayatNya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhannya mereka bertawakal,

(yaitu) orang-orang yang melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.

Mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Bagi mereka derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki yang mulia."

Iman sendiri dalam buku Islamologi: Arti Iman karangan Maulana Muhammad Ali, dimaknai sebagai keyakinan bulat yang dibenarkan oleh hati, diikrarkan oleh lidah, dan dimanifestasikan dengan amalan atau pembenaran dengan penuh keyakinan. Tanpa adanya sedikit pun keraguan mengenai ajaran yang datang dari Allah dan Rasulullah SAW.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa seseorang dinyatakan beriman bukan hanya percaya terhadap sesuatu, melainkan kepercayaan itu mendorongnya untuk mengucapkan dan melakukan sesuatu sesuai dengan keyakinan. Jadi, iman bukan hanya dipercayai atau diucapkan tetapi juga menyatu dalam diri lewat perbuatan.

Iman kemudian terbagi ke dalam enam perkara yang disebut dengan rukun iman. Di antaranya ada percaya kepada Allah SWT, malaikat, hari akhir, kitab-kitab, nabi atau rasul. dan takdir yang baik maupun buruk.

Setelah mengetahui informasi tentang ciri-ciri orang beriman di atas, semoga dapat memotivasi diri untuk memupuk kembali keimanan kita dan termasuk dalam golongan yang disebut dalam Al-Qur'an ya, detikers. Aamiin.



Simak Video "Makna Ayat Suci Al-Qur'an yang Dilantunkan di Pembukaan Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia