Surah Al Quraisy Ayat 1-4, Jelaskan tentang Suku Paling Berpengaruh di Mekkah

Surah Al Quraisy Ayat 1-4, Jelaskan tentang Suku Paling Berpengaruh di Mekkah

Kristina - detikEdu
Kamis, 29 Sep 2022 05:10 WIB
al quran
Ilustrasi Al-Qur'an surah Al Quraisy yang menceritakan tentang suku paling berpengaruh di Mekkah. Foto: iStock
Jakarta -

Surah Al Quraisy adalah surah ke-106 dalam urutan mushaf Al-Qur'an yang terdiri dari 4 ayat. Surah ini turun di Kota Mekkah dan tergolong surah Makkiyah.

Dijelaskan dalam Tafsir Al Mishbah, surah Al Quraisy menceritakan tentang suku yang paling berpengaruh di Mekkah, yakni suku Quraisy. Surah ini juga menjelaskan besarnya nikmat Allah SWT kepada mereka yang sudah semestinya patut disyukuri dengan jalan mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Asbabun Nuzul Surah Al Quraisy

Jalaludin As-Suyuthi mengatakan dalam Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul, Al-Hakim dan lainnya meriwayatkan dari Ummu Hani binti Abu Thalib RA, dia berkata,

"Rasulullah SAW bersabda, 'Allah memberikan keistimewaan pada suku Quraisy dengan tujuh hal. Aku dijadikan berasal dari mereka, kenabian ada pada mereka, tugas menjaga (Kakbah) ada pada mereka, tugas memberi minuman (bagi jemaah haji) juga pada mereka, Allah telah menyelamatkan mereka dari serangan tentara bergajah, mereka menyembah Allah tujuh tahun lamanya, sedangkan tidak satu kaum pun yang menyembah Allah selama itu, dan sesungguhnya Allah telah menurunkan satu surah penuh dalam Al-Qur'an yang hanya mereka yang disebut di dalamnya.' Setelah berkata demikian, Rasulullah SAW membacakan ayat ini."

Ayat yang dimaksud pada hadits tersebut adalah ayat pertama surah Al Quraisy. Berikut bacaan surah Al Quraisy ayat 1-4.

Surah Al Quraisy Arab, Latin, dan Artinya

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ ١

li`īlāfi quraīsy

1. Disebabkan oleh kebiasaan orang-orang Quraisy,

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ ٢

īlāfihim riḥlatasy-syitā`i waṣ-ṣaīf

2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas (sehingga mendapatkan banyak keuntungan),

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ ٣

falya'budụ rabba hāżal-baīt

3. maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka'bah)

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ ٤

allażī aṭ'amahum min jụ'iw wa āmanahum min khaụf

4. yang telah memberi mereka makanan untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut.

Tafsir Surah Al Quraisy

Menurut Tafsir Kementerian Agama RI, pada surah Al Quraisy ayat 1 Allah SWT menerangkan profesi suku Quraisy sebagai pedagang di negara yang tandus dan mempunyai dua jurusan perdagangan. Mereka adalah kabilah besar yang mempunyai peranan sentral pada masyarakat Arab dalam bidang politik dan sosial.

Kemudian, pada ayat ke-2 dijelaskan bahwa orang Quraisy memiliki kebiasaan bepergian pada musim dingin ke Yaman dan musim panas ke Syam untuk berdagang guna memenuhi kebutuhan hidup mereka di Mekkah untuk merawat Kakbah dan melayani para jemaah haji.

Pada ayat 3, Kementerian Agama RI menafsirkan bahwa orang Quraisy berniaga setiap tahun dengan aman dan sentosa. Dalam ayat ini pula, Allah SWT memerintahkan orang-orang Quraisy agar menyembah Tuhan Pemilik Kakbah yang telah menyelamatkan mereka dari serangan tentara gajah.

Di bagian akhir surah Al Quraisy, Allah SWT menjelaskan sifat Tuhan Pemilik Kakbah. Dialah yang membuka pintu rezeki yang luas bagi mereka dan memudahkan jalan untuk mencari rezeki tersebut.

"Dia mengamankan jalan yang mereka tempuh dalam rangka mereka mencari rezeki, serta menjadikan orang-orang yang mereka jumpai dalam perjalanan senang dengan mereka. Mereka tidak menemui kesulitan. Kalau tidak, tentu mereka selalu berada dalam ketakutan yang mengakibatkan hidup sengsara," jelas tafsir tersebut.



Simak Video "Makna Ayat Suci Al-Qur'an yang Dilantunkan di Pembukaan Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia