Hasan dan Husain, Cucu Nabi Muhammad yang Meriwayatkan Hadits Sejak Kecil

Hasan dan Husain, Cucu Nabi Muhammad yang Meriwayatkan Hadits Sejak Kecil

Kristina - detikEdu
Rabu, 28 Sep 2022 06:00 WIB
The inscription Muhammad ,wooden , carved. Architecture in Islam.
Ilustrasi cucu Nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husain. Foto: iStock
Jakarta -

Hasan dan Husain adalah cucu Nabi Muhammad SAW yang sudah mampu meriwayatkan hadits sejak kecil. Keduanya merupakan putra dari Fatimah az-Zahra dan Ali bin Abi Thalib.

Dua cucu kesayangan Rasulullah SAW tersebut diketahui sudah mampu meriwayatkan hadits sejak masih usia 7 dan 6 tahun. Salah satu hadits yang diriwayatkan Husain berkaitan dengan anjuran mengucapkan kalimat istirja'. Ia mengatakan,

"Aku mendengar dari Rasulullah SAW bahwa seorang muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang menerima suatu musibah lalu beberapa lama kemudian ia mengingat kembali musibah itu dan membaca inna lillahi wa inna ilaihi raajiun, maka ia akan memperoleh pahala yang sama dengan ketika ia ditimpa musibah tersebut."

Profil Hasan bin Ali

Hasan adalah putra pertama Fatimah az-Zahra dan Ali bin Abi Thalib. Cucu Nabi Muhammad SAW ini memiliki nama lengkap Hasan bin Ali bin Abi Thalib atau dikenal dengan Abu Muhammad.

Menurut Tarikh Khulafa yang ditulis oleh Imam As-Suyuthi, Hasan lahir pada pertengahan Ramadan 3 Hijriah. Ia sangat mirip dengan Rasulullah SAW.

Imam Bukhari meriwayatkan dari Anas, ia berkata bahwa tidak ada orang yang amat mirip dengan Rasulullah melebihi Hasan bin Ali.

Nama Hasan adalah pemberian dari Rasulullah SAW. Sa'ad meriwayatkan dari Imran bin Sulaiman, ia berkata, "Hasan dan Husain adalah dua nama dari nama-nama penghuni surga, dan tidak ada seorang Arab pun yang memakai nama tersebut pada zaman jahiliyah."

Al-Mufadhdhal berkata, "Allah menyembunyikan nama Hasan dan Husain sampai Rasulullah menamai kedua cucunya dengan dua nama tersebut.

Profil Husain bin Ali

Husain adalah adik dari Hasan. Ia memiliki nama lengkap Husain bin Ali bin Abi Thalib. Sama seperti kakaknya, nama Husain adalah pemberian sang kakek, Nabi Muhammad SAW.

Mengutip buku Penelusuran Kualitas dan Kuantitas Sanad Qira'at Sab' karya Sasa Sunarsa, dalam perjalanannya mendalami ilmu agama, Husain berguru kepada Nabi Muhammad SAW, Ali bin Abi Thalib, Siti Fatimah az-Zahra, Hasan bin Ali, Jabir bin Abdullah, Hind bin Abi Halah, dan lain-lain.

Menurut penilaian para ulama dan kritikus, Husain termasuk orang yang memiliki kedudukan tinggi dan sangat dicintai Rasulullah SAW. Beberapa muridnya antara lain Zaid bin Hasan, Ali Zain al-Abidin, Sakinah binti Husain, Fathimah binti Husain, Urwah bin Zubair, Abdullah bin Amr, Muhammad al-Baqir, Hammam bin Galib, dan lainnya.

Cucu Nabi Muhammad SAW ini mengemban tugas Imamah selama 10 tahun dan syahid di peristiwa Karbala. Ia wafat tahun 61 H.



Simak Video "Jual Parsel Buah-buahan, Pedagang Lumajang Raih Untung 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia