11 Nama Paman Nabi Muhammad dan Riwayat Singkatnya

Kristina - detikEdu
Selasa, 16 Agu 2022 18:00 WIB
ilustrasi abu thalib
Ilustrasi Abu Thalib, salah seorang paman Nabi Muhammad SAW dari kalangan non muslim. Foto: Zaky Alfaraby
Jakarta -

Sejarah mencatat sejumlah nama paman Nabi Muhammad SAW baik yang mendukung maupun yang menentang dakwahnya. Menurut sebuah hadits, mereka berjumlah 11 orang.

Dalam beberapa Sirah Nabawiyah, Rasulullah SAW pernah diasuh oleh salah seorang pamannya yang bernama Abu Thalib sepeninggalan kakeknya, Abdul Muthalib. Pamannya itu merupakan salah satu petinggi dari keluarga Bani Hasyim.

Nama Paman Nabi Muhammad

Ibnu Al Jauzi mengatakan dalam Shifatush Shafwah, menurut sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim pada bab At-Targhibu fii Suknil Madinah wash-Shabri li Awaa'iliha, Ibnu Sa'ib mengatakan bahwa jumlah paman Nabi Muhammad SAW ada 11 orang. Berikut di antaranya:

1. Al Harits

Al Harits bin Abdul Muthalib adalah paman Nabi Muhammad SAW yang wafat sebelum masa kenabian Muhammad. Sebagian ulama mengatakan Al Harits adalah paman Nabi SAW yang tertua.

2. Az-Zubair

Ahmad Khalil Jam'ah mengatakan dalam 70 Tokoh Wanita dalam Kehidupan Rasulullah, As-Suhaili rahimahullah mengatakan, Az-Zubair adalah seorang pemuda Quraisy yang paling cerdas dan paling hebat dari segi penampilan.

3. Abu Thalib

Abu Thalib adalah paman dari kalangan non muslim yang paling membela Nabi Muhammad SAW. Pemilik nama asli Abdul Manaf ini merawat Nabi SAW saat berusia 8 tahun. Ia sangat menyayangi Rasulullah dan mengajaknya ke mana pun ia pergi.

4. Hamzah

Hamzah bin Abdul Muthalib adalah paman Nabi Muhammad SAW yang kemudian memutuskan untuk memeluk Islam. Dikatakan dalam buku Hijrah Rasulullah ke Habasyah yang Pertama dan Kedua oleh Muhammad Ridha, sebelumnya Hamzah adalah kaum Quraisy yang sangat teguh mempertahankan harga diri dan paling tidak mau dihina.

5. Abu Lahab

Nama sebenarnya Abu Lahab adalah Abdul Uzza bin Abdul Muthalib. Abu Lahab adalah paman Nabi Muhammad SAW yang menentang dakwahnya secara terang-terangan. Bahkan Allah SWT sampai menurunkan suatu surah yang berkenaan dengannya.

6. Al Ghaidaq

Ibnu Qayyim Al Jauziyah menyebut dalam Jami'us Sirah, Al Ghaidaq bernama Mush'ab. Beliau juga termasuk paman yang tidak memeluk Islam.

7. Al Muqawwim

Menurut Shafiyurrahman al-Mubarakfuri dalam Ar-Rahiq al-Makhtum: Sirah Nabawiyah, Al Muqawwim tidak lain adalah Abdullah al-Ka'bah. Tidak banyak riwayat yang menerangkan tentang sosok Al Muqawwim. Ia juga termasuk paman Nabi SAW yang wafat sebelum datangnya Islam.

8. Dhirar

Dhirar adalah paman Nabi Muhammad SAW yang tidak menikah dan tidak memiliki keturunan. Ia memiliki nama lain Abu Amr dan juga wafat sebelum Islam datang.

9. Al Abbas

Ahmad Mustafa Mutawalli dkk mengatakan dalam Syama'il Rasulullah, Al Abbas adalah paman Nabi Muhammad SAW yang paling muda. Abbas memiliki banyak keturunan yang menyebar ke berbagai daerah.

10. Qutsam

Ada pendapat yang menyebut bahwa Abdul Muthalib tidak memiliki anak yang bernama Qutsam. Namun, ada suatu pendapat lain yang menyebut ia wafat ketika masih kecil.

11. Juhal

Sementara itu, sebagian ulama berpendapat bahwa jumlah paman Nabi SAW ada 10 orang. Mereka mengatakan bahwa Qutsam tidak masuk dalam daftar paman Nabi dan Al Ghaidaq adalah orang yang sama dengan Juhal.

Dari sebelas nama paman Nabi Muhammad SAW tersebut, Imam Ibnu Qayyim mengatakan dalam Kitab Zadul Ma'ad, hanya Hamzah dan Al Abbas yang memeluk Islam. "Di antara paman Nabi, tidak ada yang memeluk agama Islam kecuali hanya Hamzah dan Al Abbas," ucapnya.



Simak Video "Polisi India Tembak Mati 2 Pedemo soal Pelecehan Nabi Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia