NASA Akan Tabrakkan Pesawat ke Asteroid, Bisa Tonton Langsung di Mana?

NASA Akan Tabrakkan Pesawat ke Asteroid, Bisa Tonton Langsung di Mana?

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 26 Sep 2022 20:45 WIB
AS luncurkan pesawat antariksa untuk menghantam asteroid agar tidak menabrak Bumi
Misi DART, Saat NASA Luncurkan Pesawat untuk Tabrak Asteroid. (Foto: BBC World)
Jakarta -

NASA akan menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid. Bukan tanpa alasan, ini merupakan bagian dari tes pertahanan planet bernama DART.

Menurut situs space.com, The Double Asteroid Redirection Test (DART) akan menabrakkan pesawat ruang angkasa ke Bulan kecil asteroid bernama Dimorphos pada Senin (26/9). Ditetapkan, dampak yang timbul bisa dirasakan pada 26/9/2022 pukul 19.14 EDT atau Selasa, (27/9/2022) pukul 6.14 WIB.

Jika berjalan sesuai rencana, pesawat ruang angkasa itu akan menabrak Dimorphos dan mengambil gambar hingga saat tumbukan. Kamu bisa menyaksikan gambarnya secara langsung, lho!

Tentang Misi DART NASA

Misi DART NASA diluncurkan hampir setahun yang lalu pada 24 November 2021 untuk menguji penggunaan "penabrak kinetik" untuk mengubah orbit asteroid.

Target DART, Dimorphos, memiliki lebar sekitar 170 meter. Asteroid itu berjarak sekitar 9,6 juta kilometer dari Bumi. Menurut NASA, tumbukkan ini tidak akan menimbulkan risiko bagi Bumi.

DART harus mengenai Dimorphos dengan kecepatan sekitar 23.760 kph agar misi ini berhasil. Selang 24 jam setelah Dimorphos memanas, DART akan diarahkan ke Dimorphos,siap untuk tumbukkan.

"Setelah manuver terakhir pada 25 September, sekitar 24 jam sebelum tumbukan, tim navigasi akan mengetahui posisi target Dimorphos dalam jarak 2 kilometer," tulis pejabat NASA dikutip dari space.com, Senin (26/9).

"Dari sana, DART akan memandu dirinya sendiri untuk bertabrakan dengan asteroid," lanjutnya.

Setelah tabrakan, asteroid akan mengeluarkan ejecta, sebuah material yang dikeluarkan dari suatu area. Hal ini bisa disebabkan oleh letusan gunung berapi, dampak meteor, atau ledakan bintang.

Cara Menyaksikan Misi DART

NASA mengadakan siaran langsung yang dimulai pukul 6.00 EDT Senin (26/9) atau 5.00 WIB Selasa (27/9) di TV NASA dan situs resminya.

Selain siaran langsung, NASA juga telah mengatur aliran video terpisah yang didedikasikan untuk berbagi gambar waktu nyata dari kamera DRACO pesawat ruang angkasa saat mendekati asteroid.

Pada hari-hari sekitar dampak, kamu juga dapat mengikuti informasi terbaru tentang misi DART pada akun media sosial NASA yaitu:

Twitter: @NASA, @NASASolarSystem, @AsteroidWatch, @JHUAPL
Facebook: NASA, NASA Solar System, Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory
Instagram: @NASA, @NASASolarSystem, @JohnsHopkinsAPL

Itulah penjelasan misi DART NASA dan cara menyaksikan tes ketahanan planet tersebut. Jangan sampai ketinggalan, detikers!



Simak Video "Pesawat NASA Sukses Tabrak Asteroid Dimorphos"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia