Cerita Misbakhun 'Surprise' Temukan Musala di Mal Ternama di Eropa

Cerita Misbakhun 'Surprise' Temukan Musala di Mal Ternama di Eropa

Erwin Dariyanto - detikEdu
Senin, 26 Sep 2022 06:01 WIB
Contemplation Room (Musala) di La Roca Village Barcelona
Contemplation Room (Musala) di La Roca Village Barcelona (Foto: Istimewa - dokumentasi M Misbakhun)
Jakarta -

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun membagikan kisahnya saat menemukan sebuah musala di Barcelona, Spanyol. Apalagi tempat sholat tersebut terdapat di sebuah pusat perbelanjaan terbesar di kota terbesar kedua di Spanyol setelah Madrid itu.

"Sebuah surprise bagi saya, ketika menemukan tempat ibadah di sebuah tempat perbelanjaan di salah satu negara di benua Eropa," kata Misbakhun saat berbincang dengan tim detikHikmah, Minggu 25 September 2022.

Menurut Misbakhun, musala tersebut tepatnya terletak di pusat belanja tipe factory outlet atau toko yang menjual barang langsung dari pabrik bernama La Roca Village, sebuah mal agak di luar kota ke arah Kota Girona. "Semua barang branded ada di sana. Kalau terus akan ke arah perbatasan dengan wilayah Perancis," kata politikus Partai Golongan Karya itu.

Ketika berada di dalam La Roca Village pengunjung tidak akan menemukan tulisan Musala atau Prayer Room, melainkan Contemplation Room yang berada di ruangan khusus. Saat masuk ke dalam ruang Contemplation Room maka akan ditemukan tempat sholat untuk perempuan dan laki-laki lengkap dengan sajadah. Ada juga tempat untuk wudhu. Tempat sholat untuk perempuan dan laki-laki tersebut dipisah.

Meski ukurannya tidak begitu luas, namun keberadaan Contemplation Room di La Roca Village sangat membantu umat Islam yang akan menunaikan sholat wajib yang 5 waktu. "Ketika saya sholat di sana, ada beberapa orang yang juga ikut sholat," kata Misbakhun.

Spanyol dan Eropa memang memiliki sejarah sangat dekat dengan peradaban Islam. Dirangkum dari arsip detikcom, masuknya Islam ke Benua Eropa termasuk Spanyol terjadi pada tahun 711 Masehi atau 93 hijriyah. Saat itu pemerintahan Khalifah Walid bin Abdul Malik pada masa Dinasti Umayyah mengirim pasukan di bawah pimpinan Tariq bin Ziyad untuk menaklukkan Semenanjung Andalusia (sekarang Spanyol).

Setelah berhasil ditaklukkan pasukan Khalifah Walid bin Abdul Malik menjadikan Semenanjung Iberia, Andalusia sebagai pusat pemerintahan Islam di Eropa. Dalam perkembangannya beberapa abad kemudian, Andalusia berubah menjadi provinsi yang dibagi-bagi ke dalam sejumlah bagian minor.

Salah satunya yang paling dikenal adalah Emirat Granada. Disebutkan dalam situs Saylor Academy, Emirat Granada menjadi satu-satunya wilayah pemerintahan muslim di Andalusia. Puncak kejayaan Emirat Granada berakhir saat ditaklukkan oleh Kerajaan Castile. Di tahun 1975, kelompok pemuda muslim di Spanyol atau Andalusia kemudian membentuk komunitas masyarakat muslim di Cordova.

Tak heran jika beberapa pusat perbelanjaan di Spanyol dilengkapi dengan adanya musala atau Contemplation Room seperti yang ditemukan oleh Mukhamad Misbakhun.

Lihat juga video 'Kekentalan Khas Tionghoa di Musala Lombok Barat':

[Gambas:Video 20detik]



(erd/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia