6 Hewan Ini Miliki Kemampuan Unik, Ada Ikan Badut, Kecoa hingga Kuda Nil

6 Hewan Ini Miliki Kemampuan Unik, Ada Ikan Badut, Kecoa hingga Kuda Nil

Anisa Rizky - detikEdu
Minggu, 25 Sep 2022 20:02 WIB
Kuda Nil (AFP)
Kuda Nil, salah satu hewan dengan kemampuan unik (Foto: Kuda Nil (AFP)
Jakarta -

Hidup berdampingan dengan hewan, berapa banyak dari kita yang tahu bahwa mereka memiliki kemampuan yang unik?

Mungkin yang umum diketahui seperti binatang yang dapat mengubah warna kulitnya, memiliki penciuman yang tajam hingga indra penglihatan yang berfungsi di malam hari.

Namun selain itu, masih banyak kemampuan unik lainnya dan jarang diketahui. Apa saja? Melansir dari laman Treehugger pada Minggu (25/9/2022), berikut sejumlah hewan dengan kemampuan unik.

6 Hewan dengan Kemampuan Unik

1. Ikan Badut

Hewan pertama yang memiliki kemampuan unik adalah ikan badut. Makhluk hidup yang satu ini dapat mengubah jenis kelamin dari jantan ke betina untuk memastikan sekelompok ikan tetap berkembangbiak.

Ikan badut hidup secara berkelompok di antara kumpulan anemon laut. Kelompok tersebut terdiri dari satu jantan dan satu betina yang tengah berkembang biak, serta sejumlah ikan jantan yang lebih kecil dan belum bisa bereproduksi.

Nantinya, jika betinanya mati maka ikan badut jantan akan mengubah kelaminnya menjadi betina.

2. Bintang Laut

Selanjutnya ada bintang laut. Meski mulut hewan ini kecil dan membuatnya sulit untuk mencerna makanan. Kemampuan uniknya yaitu perut dari bintang laut berfungsi sebagai alat pencerna makanan.

Sehingga, ketika makanannya masuk ke dalam mulut, ukurannya menjadi lebih kecil dan normal untuk ia cerna. Perut bintang laut akan memanjang ketika melahap mangsanya.

Bintang laut juga memiliki cairan pekat yang berfungsi untuk mencairkan mangsanya agar terserap secara sempurna melalui perut. Setelahnya, perut bintang laut akan kembali normal.

3. Opossum

Opossum adalah hewan mamalia yang berukuran sebesar kucing. Kemampuan unik yang mereka miliki adalah menetralkan bisa ular dengan protein serum yang ada di dalam darahnya.

Studi menunjukkan bahwa kemampuan ini muncul ketika opossum memangsa ular berbisa. Opossum memang dikenal suka memangsa beberapa jenis ular.

Bahkan, pada sebuah penelitian ditemukan potensi anti-bisa dari opossum. Penelitian itu menunjukkan tikus yang diinjeksikan oleh protein serum dari darah opossum membentuk kekebalan terhadap bisa ular derik.

4. Kuda Nil

Badak air atau kuda Nil dapat menghasilkan sekresi pada kulitnya sebagai tabir surya alami dan antibiotik. Cairan yang dikeluarkan berwarna merah dan sering disebut keringat darah. Namun, sekresi tersebut tidak ada hubungannya dengan darah.

Cairan itu merupakan kombinasi dari dua pigmen yang disebut asam hipposudorat dan asam non hipposudoric. Warna tersebut muncul setelah keringat kudanil bereaksi dengan udara dan membentuk cairan kental berwarna merah tua yang melindunginya dari sinat ultraviolet matahari.

5. Kecoa

Kemampuan unik yang dimiliki oleh kecoa cukup mencengangkan. Faktanya, berdasarkan hasil eksperimen, mereka dapat hidup selama berminggu-minggu meski tanpa kepala.

Kecoa dapat bertahan hidup tanpa kepala karena fungsi tubuh mereka berbeda jauh dengan mamalia. Mereka tidak bernafas melalui mulut, melainkan melalui lubang di tubuh yang disebut sebagai spirakel.

Selain itu, kecoa juga memiliki sistem peredaran darah terbuka yang artinya darah mengalir bebas ke seluruh tubuh dan menjaga tekanan darah agar tetap rendah.

Itu berarti, sayatan besar pada organ vital tidak akan menyebabkan kehilangan darah yang fatal.

6. Lumba-lumba

Lumba-lumba mengeluarkan suara yang melengking seperti bunyi peluit dan suara mengikik tinggi. Mereka juga dapat menggunakan gema untuk mengarahkan diri mereka sendiri dalam berburu makanan hingga menemukan sesuatu di balik dinding atau dasar laut.

Hewan yang satu ini memiliki jaringan unik di dahinya yang disebut sebagai melon. Nah, jaringan tersebut berfungsi membantu lumba-lumba untuk fokus dan mengarahkan suara yang mereka hasilkan saat akan melakukan ekolokasi.

Para peneliti percaya bahwa lumba-lumba menggunakan vokalisasi untuk berkomunikasi satu sama lain.

Nah, itulah sejumlah hewan dengan kemampuan unik. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Mengulik Cara Kuda Nil Berkomunikasi Satu Sama Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia