5 Hewan Cerdas di Dunia, Jago Problem Solving dan Mengingat

5 Hewan Cerdas di Dunia, Jago Problem Solving dan Mengingat

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 21 Sep 2022 09:30 WIB
Gurita Cincin Biru
Gurita, salah satu hewan cerdas di dunia. Foto: (iStock)
Jakarta -

Hewan-hewan cerdas di dunia punya rasa penasaran, mampu mempelajari hal baru, mampu memecahkan teka-teki, mampu menggunakan alat dan punya kesadaran diri (self awareness). Kendati sekilas tidak tampak pintar, hewan-hewan ini bisa melakukan sejumlah kemampuan manusia, bahkan lebih baik dari manusia sendiri.

Dilansir dari laman Encyclopaedia Britannica, berikut sejumlah hewan cerdas di dunia dan kemampuannya:

Hewan Cerdas di Dunia

1. Simpanse

DVUR KRALOVE NAD LABEM, CZECH REPUBLIC - MARCH 19: Chimpanzees watch a live-stream on a screen set up in an enclosure at the Safari Park on March 19, 2021 in Dvur Kralove nad Labem, Czech Republic. The park has set up live-stream broadcasting from the zoo in Brno to enrich the daily life of their chimpanzees amid lockdown. The Safari Park launched the experimental project to give the chimpanzees something to watch to give them some stimulation while crowds are not allowed to visit the zoo due to the coronavirus pandemic. (Photo by Gabriel Kuchta/Getty Images)Simpanse di Taman Safari Ceko menonton layar tancep. Tayangan sebagai stimulasi karena taman safari sepi.
Foto: Getty Images/Gabriel Kuchta

Simpanse merupakan salah satu hewan kerabat genetik terdekat dengan manusia. Untuk itu, mungkin sejumlah orang tidak heran jika primata ini masuk daftar hewan pintar. Namun, tahukah kamu bahwa ingatan simpanse bisa lebih akurat dari manusia?

Pada 2007, tim peneliti memberikan tes kognitif yang sama untuk simpanse dewasa, simpanse remaja, dan mahasiswa. Tesnya yakni mengingat susunan letak 9 angka pada sebuah layar setelah diperlihatkan selama kurang dari 1 detik.

Rupanya, simpanse dewasa dan mahasiswa mendapat skor yang kurang-lebih sama. Sementara itu, simpanse remaja mendapat skor lebih tinggi dengan mengingat posisi angka jauh lebih akurat.

2. Gurita

Gurita Cincin BiruGurita Cincin Biru. Foto: (iStock)

Peneliti mendapati bahwa hewan jenis cephalopoda tertentu memiliki rasa ingin tahu yang besar dan kemampuan memecahkan masalah. Salah satunya adalah gurita. Dalam sebuah percobaan, seekor gurita menemukan cara membuka tutur wadah.

Seperti burung merpati, gurita juga bisa mengenali orang sebagai individu perorangan yang masing-masingnya berbeda. Dalam penelitian, gurita yang belajar mengenali individu manusia dapat merespons positif orang yang ramah padanya secara pribadi dan sebaliknya.

3. Kambing

ilustrasi kambingIlustrasi kambing. Foto: iStock

Kambing juga rupanya jago memecahkan masalah, terlebih jika ada hadiahnya. Dalam sebuah penelitian, kambing ditugaskan menggunakan gigi untuk menarik seutas tali ke bawah.

Aktivitas ini akan mengaktifkan sebuah tuas yang harus mereka angkat dengan mulut. Sebanyak 9 dari 12 kambing dapat mengetahui cara kerja alat tersebut setelah 4 kali percobaan. Mayoritas kambing tersebut kelak masih ingat cara kerja alat tersebut 10 bulan kemudian.

4. Gagak

burung gagak di menara londonBurung gagak di Menara London. Foto: (iStock)

Gagak juga jago memecahkan masalah dan menggunakan alat. Dalam sebuah penelitian, anak-anak di bawah usia 8 tahun dan gagak ditugaskan untuk mengambil hadiah. Hadiah tersebut mengambang di atas air di dalam sebuah tabung ramping.

Karena tabungnya ramping, paruh gagak tidak bisa menjangkau hadiah tersebut lebih jauh. Anak-anak juga tidak dapat memasukkan tangannya.

Sementara anak-anak kesulitan memecahkan teka-teki ini, gagak tersebut memasukkan batu-batu kecil ke dalam tabung tersebut. Alhasil, permukaan air lama-lama naik dan gagak bisa meraih hadiahnya.

5. Gajah

Ilustrasi gajahGajah bisa mengenali bayangan atau pantulan dirinya di air, tidak menganggapnya hewan lain. Foto: Ilustrasi gajah (iStock)

Gajah dikenal bisa belajar tugas-tugas kompleks dan punya ingatan kuat. Hewan berbelalai ini juga sangat sosial dan penyayang. Kawanan gajah umumnya bekerja sama untuk memecahkan masalah.

Gajah juga rupanya bisa membedakan dirinya sendiri dengan bayangannya. Kecerdasan ini tidak dipunyai sejumlah hewan, seperti anjing dan kucing. Umumnya, hewan-hewan ini mempercayai bahwa sosok yang mereka lihat di cermin atau bayangan diri di air adalah hewan lain.



Simak Video "Pemandangan Pilu Kekeringan di Kenya, Sudah Ratusan Gajah Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia