7 Hewan di Dunia yang Diprediksi Punah pada 2050, Orang Utan Termasuk?

7 Hewan di Dunia yang Diprediksi Punah pada 2050, Orang Utan Termasuk?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 25 Sep 2022 10:00 WIB
Ilustrasi orangutan
Foto: Thinkstock/olga_gl/Orang utan
Jakarta -

Dalam sejarah peradaban Bumi, sudah ada lima kepunahan massal yang telah terjadi, termasuk era dinosaurus. Banyak ahli telah memperingatkan bahwa kepunahan massal hewan keenam sudah bisa terjadi sebagai akibat dari aktivitas manusia sejak Zaman Eksplorasi.

Mengutip laman Live Science, beberapa ilmuwan bahkan memperkirakan bahwa hampir 40% spesies yang saat ini berada di planet Bumi dapat punah pada awal tahun 2050.


Apa Penyebab Kepunahan?

Dosen senior DNA purba di Departemen Zoologi di Universitas Otago di Selandia Baru, Nic Rawlence, mengatakan bahwa kepunahan massal keenam jelas masuk akal.

Menurutnya, kepunahan itu bisa terjadi secara global karena ada beberapa spesies yang berpotensi tidak dapat beradaptasi dengan dunia di masa depan.

"Saya pikir itu sangat mungkin. Dan, jika spesies tidak punah secara global, kemungkinan spesies yang tidak dapat beradaptasi dengan dunia yang berubah dengan cepat akan mengalami penyusutan jangkauan, kemacetan populasi, kepunahan lokal, dan menjadi punah secara fungsional," terang Nic.

"Krisis kepunahan saat ini mungkin belum mencapai puncaknya. Berkaca dari kepunahan lima besar, tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghentikannya," tambahnya.

Daftar Spesies yang Terancam Punah di 2050

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List of Threatened Species, sekitar 41.000 atau hampir sepertiga dari semua spesies hewan di Bumi dinilai terancam punah.

Dari jumlah itu, ada banyak spesies dan subspesies yang populer, antara lain:

1. Orang Utan Sumatra (Pongo abelii)

2. Macan Tutul Amur (Panthera pardus orientalis)

3. Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus)

4. Badak Hitam (Diceros bicornis)

5. Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata)

6. Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica)

7. Cross River Gorilla (Gorilla gorilla diehli)


Hewan di atas diklasifikasikan sebagai "sangat terancam punah", yang berarti bahwa mereka berada pada risiko kepunahan yang sangat tinggi di alam liar, menurut IUCN dan World Wide Fund for Nature (WWF).

IUCN menjelaskan ancaman kepunahan itu sangat nyata karena memiliki risiko kepunahan yang sangat tinggi sebagai akibat dari penurunan populasi yang cepat dari 80 hingga lebih dari 90 persen selama 10 tahun sebelumnya (atau tiga generasi).

Selain itu, ukuran populasi hewan-hewan tersebut, saat ini kurang dari 50 individu. Banyak dari spesies itu sangat terancam sehingga mereka mungkin tidak dapat bertahan hingga tahun 2050.



Simak Video "Lingkungan Kian Memburuk, Hewan-hewan di Australia Terancam"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia