Hadiri Perayaan Nasional Day Arab Saudi ke-97, Menag: Hubungan RI-Saudi Akan Tumbuh Lebih Kuat

Hadiri Perayaan Nasional Day Arab Saudi ke-97, Menag: Hubungan RI-Saudi Akan Tumbuh Lebih Kuat

Devi Setya - detikEdu
Sabtu, 24 Sep 2022 12:00 WIB
Perayaan Nasional Day Arab Saudi ke-97
Menag berfoto saat Perayaan Nasional Day Arab Saudi ke-97 Foto: Humas Kemenag
Jakarta -

Hubungan persaudaraan antara Indonesia dengan Arab Saudi memang sudah terjalin erat. Pada momen Perayaan Nasional Day Kerajaan Arab Saudi, pemerintah Indonesia menjadi salah satu tamu kehormatan. Acara ini dihadiri oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kerajaan Arab Saudi memperingati dan merayakan Hari Nasional ke-92 pada Jumat, 23 September 2022. Momen bersejarah bagi kerajaan Arab Saudi ini dimeriahkan dengan berbagai acara.

Selain Menteri Yaqut, turut hadir pula Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla, Gubernur DKI Anies Baswedan beserta sejumlah pejabat negara lainnya.

Menag Yaqut Cholil Qoumas hadir sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia. Menteri Yaqut menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat Kerajaan Arab Saudi atas peringatan Hari Nasional ke-92.


"Semoga Allah SWT menganugrahkan berkah persatuan yang erat dan masa depan yang lebih cerah bagi Arab Saudi," ujar Menteri Yaqut yang juga didapuk menjadi tamu kehormatan di perayaan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi di Jakarta (23/9).

Lebih lanjut, Menteri Yaqut juga mengucapkan terima kasih atas undangan dan kesempatan untuk turut merayakan kegembiraan hari jadi Kerajaan Arab Saudi ini.

"Terima kasih tulus kepada saudara saya Yang Mulia Duta Besar Esam Ahmed Abid Al-Thagafi atas undangannya untuk merayakan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi. Saya berbahagia karena hari ini saya berkesempatan ikut merasakan kegembiraan Kerajaan Arab Saudi bersama teman-teman dan kolega dari korps diplomatik, lembaga pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil, " kata Menteri Yaqut.

Hubungan Erat Indonesia dan Arab Saudi

Hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi sudah terjalin sejak lama. Tepatnya pada 1947, kedua negara ini memiliki hubungan erat dalam berbagai bidang kerja sama, seperti bidang politik, sosial-budaya, perdagangan dan investasi.

"Bila saya harus menggambarkan hubungan antara kedua negara ini dengan satu kata, persaudaraan adalah kata yang terbayang di benak saya," tutur Menag.

Hubungan diplomatik yang sangat erat ini pula menjadikan Indonesia dan Arab Saudi secara aktif saling mempromosikan pembangunan dalam berbagai bidang.

Menurut Menteri Yaqut, Kerajaan Arab Saudi dengan dipandu oleh Visi Saudi 2030 telah berubah dari ekonomi yang berbasis sumber daya alam menjadi ekonomi yang produktif dan beragam, berdasarkan pengetahuan, inovasi, pariwisata, dan energi hijau.

Demi mengikuti perkembangan zaman, Menteri Yaqut juga menegaskan bahwa Indonesia saat ini sedang bergerak menuju sistem ekonomi lestari yang lebih produktif.

"Indonesia juga ingin bergerak menuju ekonomi lestari yang lebih produktif berdasarkan inovasi dan energi masa depan. Indonesia telah menapakkan kakinya di rantai suplai global baterai litium, kendaraan listrik, produk-produk hijau," beber Menteri Yaqut.

Menteri Yaqut juga menyebutkan bahwa hubungan persaudaraan yang erat ini tidak lepas dari peran para pemimpin negara seperti Presiden Joko Widodo dan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Mereka memiliki visi yang kuat untuk mengubah negara mereka menjadi negara modern.

Kerjasama bilateral Indonesia dan Arab Saudi

Bukan hanya hubungan diplomatik saja yang erat, antara pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi juga terjalin kerjasama bilateral. Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Y.M. Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud di Jakarta pada 6 Juni 2022. Pertemuan beberapa bulan lalu ini dimaksudkan untuk membicarakan kerja sama internasional demi memperkuat hubungan bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia.

Indonesia dan Arab Saudi juga sepakat melakukan kerja sama untuk berbagai bidang seperti arsitektur kesehatan global, transformasi digital hingga transisi energi pada agenda G20.

Tak mau kehilangan kesempatan untuk berpromosi tentang Indonesia, Menteri Yaqut juga mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat Indonesia akan menyambut hangat kunjungan warga negara Arab Saudi yang ingin menikmati keindahan budaya dan alam Indonesia.

"Saya percaya bahwa persaudaraan antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi akan tumbuh lebih kuat di tahun-tahun mendatang. Dengan komitmen bersama dari pemerintah dan rakyat, kita akan bekerja bersama demi kemajuan dua bangsa yang bersaudara ini," pungkas Menteri Yaqut.



Simak Video "Unik dan Megah! Kapal Pesiar Kura-kura Akan Dibangun Arab Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia