Beda dengan Anaknya, Kenapa Ratu Elizabeth II Tidak Sekolah?

Beda dengan Anaknya, Kenapa Ratu Elizabeth II Tidak Sekolah?

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 21 Sep 2022 20:00 WIB
10th October 1940:  Princesses Elizabeth and Margaret (1930 - 2002) making a broadcast to the children of the Empire during World War II.  (Photo by Topical Press Agency/Getty Images)
Ratu Elizabeth II dan adiknya, Putri Margaret. Foto: Getty Images/Topical Press Agency
Jakarta -

Ratu Elizabeth II menyekolahkan anak-anaknya, Raja Charles, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, ke Gordonstoun School di Moray, Skotlandia. Anak perempuan semata wayangnya, Putri Anne, belajar di sekolah berasrama Benenden School. Sementara itu, Ratu Elizabeth II sendiri tidak pernah pergi ke sekolah. Kenapa begitu?

Berdasarkan laman Kerajaan Inggris, penyebabnya ternyata berkaitan dengan Raja George VI, ayahnya, yang naik takhta menjadi Raja Inggris.

Saat King George VI naik takhta pada tahun 1936, maka praktis Ratu Elizabeth yang saat itu berusia 10 tahun dianggap menjadi calon penerus takhta Kerajaan Inggris.

Ratu Elizabeth II, yang saat itu masih disebut Putri Elizabeth, kemudian mulai diberi pendidikan yang dinilai tepat untuk calon ratu ini. Karena itu, ia pun belajar hal-hal yang tidak dipelajari anak-anak seusianya di rumah.

Bersama adiknya, Putri Margaret, Putri Elizabeth belajar di rumah dengan diawasi ibunya, Lady Elizabeth Bowes-Lyon, seperti dikutip dari Encyclopaedia Britannica. Pendidikan di rumah saat itu umum bagi anak-anak dari keluarga kaya. Semasa belajar, dua bersaudara ini dijaga pengasuhnya, Marion Crawford.

Ratu Elizabeth II Belajar Apa Saja di Rumah?

Sejarah konstitusi dan hukum merupakan salah satu bidang pelajaran yang wajib dipelajari Putri Elizabeth kecil sebagai bagian persiapan perannya menjadi ratu.

Ayahnya, Raja George VI, turut mengajarkan Putri Elizabeth. Ia juga mengikuti sesi dengan Henry Marten, Wakil Rektor Eton College. Sementara itu, materi keagamaan diajarkan oleh Uskup Agung Canterbury.

Putri Elizabath belajar bahasa Prancis dari sejumlah pengasuhnya yang asal Prancis dan Belgia. Kemampuan berbahasa asing ini memudahkan diplomasi Ratu Elizabeth II ini kelak saat mengunjungi negara-negara berbahasa Prancis dan wilayah bagian Kanada yang berbahasa Prancis.

Putri Inggris ini juga belajar seni rupa dan musik dari tutor. Ia pun belajar berkuda dan renang. Karena kecakapannya, Putri Elizabeth muda kelak menjadi Sea Ranger.

Sejak abad ke-20, para anggota keluarga Kerajaan Inggris lebih umum belajar di sekolah seperti warga biasa Inggis. Tradisi belajar di sekolah pun diturunkan ke cucu-cucu Ratu Elizabeth II.



Simak Video "Wajah Baru Situs Resmi Kerajaan Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia