5 Tokoh yang Mendapat Gelar Sir dari Kerajaan Inggris, Termasuk Azyumardi Azra

5 Tokoh yang Mendapat Gelar Sir dari Kerajaan Inggris, Termasuk Azyumardi Azra

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 21 Sep 2022 18:59 WIB
Tentang Gelar Sir dari Kerajaan Inggris yang Juga Diterima Azyumardi
Tokoh-tokoh yang mendapat gelar Sir dari Kerajaan Inggris, termasuk Prof. Azyumardi Azra. Foto: detikcom/Ari Saputra
Jakarta -

Kerajaan Inggris dapat memberikan gelar kehormatan kepada mereka yang memiliki prestasi luar biasa. Gelar Sir diberikan untuk laki-laki atau Dame untuk perempuan.

Mengutip dari laman pemerintah Inggris, gelar ini diberikan karena yang bersangkutan punya kontribusi besar dalam kegiatan apa pun, biasanya setingkat nasional. Selain itu, orang-orang lain yang bekerja dalam bidang yang sama dengan calon penerima gelar, juga harus memandang mereka sebagai orang punya kontribusi signifikan dengan komitmen yang jangka panjang.

Ada banyak tokoh dunia yang telah menerima gelar ini. Dari Indonesia, Prof. Azyumardi Azra adalah orang pertama yang mendapatkannya dari Kerajaan Inggris.

Tokoh-Tokoh yang Mendapat Gelar Sir dari Kerajaan Inggris

1. Paul McCartney

Disebutkan dalam Insider, Ratu Elizabeth II menganugerahi Paul McCartney dengan gelar Sir pada 1997. Hal ini lantaran pengabdian Paul dalam bidang musik. Ratu Elizabeth II meresmikan gelar untuk Paul di Istana Buckingham.

2. Elton John

Sama halnya dengan Paul McCartney, Elton John juga dianugerahi gelar Sir di Istana Buckingham. Teman lama Putri Diana itu dianugerahi gelar kebangsawanan karena dedikasinya dalam bidang musik dan filantropi.

"Aku sangat bangga," katanya kepada AP pada 1998 lampau.

"Saya mencintai negara saya dan diakui sedemikian rupa. Aku tidak bisa memikirkan sesuatu yang lebih baik," ungkapnya.

3. Lewis Hamilton

Lewis Hamilton mendapat gelar kebangsawanan atas jasanya dalam bidang olahraga motor. Penobatan gelar Sir untuknya dilakukan oleh Charles III pada 15 Desember 2021 lalu di Kastil Windsor.

Berdasarkan laporan Sky Sports, Lewis Hamilton adalah pembalap F1 keempat yang memperoleh gelar kebangsawanan setelah Sir Jack Brabham, Sir Stirling Moss, dan Sir Jackie Stewart. Namun, dia adalah yang pertama mendapat gelar kehormatan saat masih aktif membalap.

4. Mick Jagger

Mulanya, Ratu Elizabeth II menolak memberikan gelar kehormatan untuk Mick Jagger, sehingga pada akhirnya Charles III lah yang memberikannya. Ratu Elizabeth II disebut tak mau memberikan gelar Sir kepadanya karena pandangannya yang antikemapanan. Oleh sebab itulah Charles yang diminta memberikannya di Istana Buckingham.

5. Prof. Azyumardi Azra

Prof. Azyumardi Azra mendapatkan gelar CBE atau Commander of the Order of British Empire (CBE) pada 2010. Dia merupakan orang pertama dari Indonesia yang bergelar Sir.

Gelar CBE sendiri ditujukan bagi individu yang melakukan kontribusi positif di bidang pekerjaan mereka. Sekarang, gelar tersebut diberikan kepada sosok yang punya peran penting di tingkat nasional atau regional.

Itulah beberapa tokoh yang mendapat gelar Sir dari Kerajaan Inggris, termasuk Prof. Azyumardi Azra. Sementara, sejumlah tokoh lainnya yang menerima gelar Dame adalah Angelina Jolie, Emma Thompson, Anna Wintour, dan sebagainya.



Simak Video "Momen Pemakaman Azyumardi Azra di TMP Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia