Ternyata Kambing Mudah Belajar dari Manusia, Ini Penyebabnya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Minggu, 07 Agu 2022 18:00 WIB
Torpedo kambing
Ilustrasi kambing. Foto: iStock
Jakarta -

Kamu pasti sering melihat hewan kambing atau bahkan mengonsumsi dagingnya. Selain enak untuk disantap, ternyata kambing merupakan hewan yang pintar. Tingkat kepintarannya lebih tinggi dibanding dengan hewan ruminansia lainnya.

Ruminansia adalah jenis mamalia yang punya keunikan dengan sistem pencernaanya. Dikatakan dalam ensiklopedia Britannica, ruminansia punya empat bilik perut dan dua jari kaki.

Selanjutnya, dikutip dari Instagram resmi kampus Institut Pertanian Bogor (IPB University) pada Minggu (7/8/2022), saking pintarnya, di negara Barat muncul istilah 'Think Like a Goat' atau dalam bahasa Indonesia, berpikirlah seperti kambing.

Pakar produksi ternak ruminansia kecil, Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University, Muhamad Baihaqi, S.Pt., M.Sc., mengatakan karena kecerdasan dan keunikannya, kambing kerap dijadikan hewan peliharaan di Inggris.

Kecerdasan yang dimiliki kambing membuatnya mudah untuk menjalin hubungan dengan pemiliknya. Meski begitu, tidak semua jenis kambing bisa dijadikan hewan peliharaan. Salah satu jenis kambing yang mudah dipelihara yaitu kambing mini atau pigmy goat.

Kambing mini memiliki ukuran tubuh yang mungil, sehingga terlihat imut dan menggemaskan.

"Kepintaran kambing ini terbukti karena memang ternyata dapat dijadikan hewan peliharaan. walau tidak secerdas anjing, tingkat kepintarannya hampir setara dengan kucing dan bisa memiliki bonding dengan manusia sebagai pemiliknya," papar Baihaqi.

Kambing Mampu Meniru Perilaku Manusia

Dibanding dengan domba, tingkah laku kambing lebih ekspresif dan banyak akal. Kambing pun lebih mudah untuk dilatih dan belajar dari manusia. Ini karena kambing memiliki kemampuan stereotyping atau meniru.

Selain itu, kambing juga bisa memanjat pohon untuk memenuhi kebutuhan pakannya. Dengan kepintarannya itu, kambing jadi lebih mudah dikembangbiakan dan bertahan hidup di daerah ekstrim. Bahkan pada lahan kering sekalipun.

Bagi kambing yang dipelihara dengan cara diumbar, mereka cenderung lebih waspada terhadap serangan predator. Tak sampai disitu, kambing juga mampu mencari makanannya sendiri untuk memenuhi nutrisi tubuhnya.

Kambing juga sulit untuk dicuri. Kecerdasan hewan ternak yang satu itu membuatnya mudah membedakan pemilik dan bukan pemilik. Jadi, kecil kemungkinan kambing untuk dicuri.

Kambing Dapat Membaca Ekspresi Wajah Manusia

Dikutip dari laman resmi Queen Mary University of London, kambing dapat membaca ekspresi wajah manusia. Fakta ini didukung dengan penelitian oleh Dr. Alan McElligot.

Alan menganalisis interaksi 20 kambing dengan memberi mereka foto ekspresi wajah manusia yang bahagia dan marah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kambing lebih suka berinteraksi dengan manusia yang terpancar aura bahagia dari wajahnya.

"Studi ini memiliki implikasi yang penting tentang bagaimana berinteraksi dengan hewan ternak. Kami menemukan bahwa mereka lebih suka untuk melihat dan berinteraksi dengan wajah bahagia," ujar peneliti dari Queen Mary University of London itu.

Pada penelitian tersebut, foto manusia yang berwajah bahagia membuat kambing ingin mengendus dengan moncong mereka. Namun, pada foto wajah manusia yang marah dan murung, kambing enggan mendekatinya.

Nah, itulah alasan mengapa kambing mudah belajar dari manusia. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Demi Kebutuhan Idul Adha, 3 Pemuda Yogyakarta Curi 8 Ekor Kambing"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia