Tips dan Trik Raih Karier Cemerlang dari Ahlinya Langsung, Catat Nih!

Tips dan Trik Raih Karier Cemerlang dari Ahlinya Langsung, Catat Nih!

Devi Setya - detikEdu
Minggu, 11 Sep 2022 09:00 WIB
Confident businesswoman giving presentation in board room. Professionals are in meeting at conference table. They are sharing ideas in office.
Ilustrasi para pekerja kantoran. Foto: Getty Images/Stígur Már Karlsson /Heimsmyndir
Jakarta -

Siapa pun ingin memiliki karier yang bagus karena hal ini berpengaruh pada kehidupan pekerjaan dan finansial di masa depan. Mau karier dijamin cemerlang? Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan.

Perjalanan karier setiap orang pastilah berbeda, tergantung pada seberapa serius seseorang merencanakan dan mempersiapkan diri untuk terjun di dunia kerja. Perencanaan karier ini bisa dimulai sedini mungkin.

Bagi anak muda, terutama kalangan yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, penting untuk memikirkan perencanaan karier di masa depan. Tujuannya tak lain adalah agar memudahkan seseorang mencapai target karier yang diinginkan.

Sejauh ini, nyatanya masih banyak anak muda yang kesulitan mencapai jenjang karier yang diharapkan.

Kunci Kesuksesan dalam Karier

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga, seperti dilansir dari situsnya, Head Sinarmas Mining Group, Gerard Martin Thema, membagikan sejumlah tips dan trik meraih karier cemerlang.

Pria yang akrab disapa Gerard ini membawakan materi bertajuk How to Create an Agile Career in Digital Industry.

Gerard menyampaikan bahwa kunci dari kesuksesan karier adalah agile yang berarti tangguh dan mampu beradaptasi.

Dijelaskan maksud dari agile ini adalah agar setiap individu harus tangguh dan mampu beradaptasi dalam menghadapi perkembangan teknologi. Apalagi saat ini dunia teknologi berkembang semakin pesat. Artinya siapapun harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Itulah alasan di balik pentingnya merencanakan karier bagi anak muda.

"Memberikan arah ke diri kamu sendiri untuk melihat masa depan kamu lebih jelas, membuat kamu lebih aware dengan kelebihan kamu, skill dan knowledge untuk meraih tujuan dalam hidup," jelas Gerard.

Tips Merencanakan Karier

Dalam kesempatan ini pula Gerard membagikan tips dan trik merencanakan karier bagi anak muda. Untuk merencanakan karier setidaknya ada empat hal yang harus diperhatikan.

1. Belajar dari diri sendiri.
2. Temukan passion dan interest.
3. Tingkatkan skill dan kompetensi yang dimiliki.
4. Pintar melihat peluang.

Gerard menuturkan bahwa untuk belajar tentang diri sendiri dapat dimulai dengan mengulik nilai, tujuan, dan melihat rencana lima tahun ke depan. Sementara itu, untuk mengeksplor passion dan interest dapat dilakukan dengan melihat lima hal yang paling diminati.

Skill dan kompetensi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Setiap orang harus dapat memahami keahlian yang dimiliki. Hal ini bisa menjadi modal untuk peningkatan karier di masa depan.

"Awali dengan mencatat keahlian dalam beberapa hal seperti adobe illustrator, public speaking, foreign language, time management. Ini merupakan contoh yang dapat kalian rencana mulai saat ini dan butuh untuk di-improve," ujar Gerard.

Setelah ketiga hal tersebut terpenuhi, tips terakhir yang dibeberkan Gerard adalah selalu melihat peluang di masa depan. Untuk melakukannya, usahakan selalu membangun personal branding sehingga orang akan melirik kemampuan kita.

Jalin Hubungan Baik dengan Banyak Orang

Personal branding dianggap sangat penting, oleh karenanya usahakan untuk terus menjaga dan menjalin hubungan baik dengan siapapun. Karier yang cemerlang bisa berasal dari mana pun, itulah pentingnya berhubungan baik dengan orang yang lebih berpengalaman.

Dengan demikian, lanjut Gerard, kita juga bisa banyak belajar sekaligus menambah wawasan tentang karier yang akan digapai. Tak ada salahnya untuk selalu berkomunikasi atau meluangkan waktu untuk sekedar sharing dan berbagai pengalaman.

"Find a mentor, carilah senior yang sudah bekerja, carilah orang yang sudah berada dalam pekerjaan maupun profesional untuk sharing," pungkas Gerard.



Simak Video "Vaksin Inavac Unair Kantongi Izin Penggunaan untuk Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia