Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 9 September

Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 9 September

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 09 Sep 2022 08:00 WIB
Tema Hari Olahraga Nasional 2022 sudah dirilis bersamaan dengan logo peringatannya. Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 jatuh pada Jumat, 9 September 2022.
Logo Hari Olahraga Nasional 2022, ini sejarah perayaannya. Foto: kemenpora.go.id
Jakarta -

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985.

Pada tahun sebelumnya, perayaan Hari Olahraga Nasional mengalami penundaan akibat pandemi COVID-19. Kini, Hari Olahraga Nasional kembali dirayakan secara luring atau offline.

Mengutip laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), pada penyelenggaraan Hari Olahraga Nasional tahun ini, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para pelaku olahraga serta atlet dan pelatih yang berjasa dalam mengharumkan nama bangsa dan negara.

Hari Olahraga Nasional menjadi wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap pentingnya pendidikan olahraga.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Olahraga Nasional? Simak pembahasannya di bawah ini.

Sejarah Awal Mula Hari Olahraga Nasional

Penetapan Hari Olahraga Nasional tidak luput dari momen Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta pada 9-12 September 1948 silam. Tujuan peringatan Haornas sendiri untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air.

Dikutip dari laman Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, kala itu PON digelar pada tahun 1948 karena atlet-atlet Indonesia tidak dapat turut serta dalam kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris.

Alasannya karena kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diakui oleh dunia serta paspor Indonesia juga tidak diakui oleh pemerintah Inggris. Namun, mereka dapat berpartisipasi dengan menggunakan paspor Belanda.

Meski begitu, putra-putri Indonesia hanya ingin hadir sebagai perwakilan Indonesia. Penolakan pada kompetisi dunia membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri dengan nama Pekan Olahraga Nasional atau PON.

PON menjadi bukti untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga berskala nasional. Pada saat itu, PON disambut dengan antusias oleh para atlet Indonesia.

Hal itu terbukti dengan banyaknya atlet Indonesia yang hadir. Sebanyak 600 atlet mengikuti kompetisi PON dan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk memperebutkan 108 medali.

Adanya PON pada tanggal 9-12 September 1948 menjadi peringatan Hari Olahraga Nasional oleh masyarakat Indonesia.

Tema Hari Olahraga Nasional 2022

Tahun ini Hari Olahraga Nasional mengangkat tema "Bersama Cetak Juara". Tema tersebut juga tersemat dalam desain logo Hari Olahraga Nasional 2022. Logo tersebut memiliki memiliki filosofi tersendiri, yaitu:

  • Berbagai paduan warna merupakan simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022.
  • Gambar Sayap Garuda merupakan ikon Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tempat pelaksanaan puncak acara Hari Olahraga Nasional 2022.


Simak Video "RS PON Ajak Masyarakat Jalan Sehat dalam Memperingati World Stroke Day"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia