Apa Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara?

Apa Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara?

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Jumat, 02 Sep 2022 13:15 WIB
Pencipta lagu Garuda Pancasila ialah Sudharnoto. Garuda Pancasila adalah salah satu lagu wajib nasional negara Indonesia.
Ilustrasi Pancasila. Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia
Jakarta -

Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia. Sejumlah sumber menyebut bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila berperan dalam pengembangan kualitas peradaban bangsa.

Bangsa Indonesia dapat berdiri bersama bangsa-bangsa negara lain dengan tekad dan semangat Pancasila.

Berikut detikEdu rangkum mengenai arti penting Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang bersumber dari artikel milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara

Tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat bahwa Pancasila adalah tujuan negara yang memiliki dasar dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Arti penting Pancasila sebagai dasar negara Indonesia adalah bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang dijadikan sebagai pedoman bertingkah laku, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara.

Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi dasar atas seluruh pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 1945. Tidak hanya itu, Pancasila juga merupakan cita-cita hukum yang dituangkan dalam Peraturan Perundang-Undangan Negara Indonesia.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang melandasi pemikiran tindakan negara serta menjadi dasar hukum negara Indonesia.

Pancasila sebagai Pandangan Hidup

Pancasila dinilai sebagai dasar negara yang memiliki nilai-nilai kehidupan yang baik dan relevan. Hal ini dikarenakan nilai-nilai Pancasila berakar dari peradaban nenek moyang bangsa Indonesia.

Peradaban nenek moyang menjadi motivasi dalam bersikap dan bertingkah laku dalam kehidupan, mulai dari kehidupan bermasyarakat hingga bernegara.

Pancasila merupakan dasar negara yang satu kesatuan utuh dan tidak dapat dipisahkan. Setiap sila dalam Pancasila saling berhubungan satu sama lain.

Sila pertama Pancasila berkaitan dengan sila kedua, sila kedua berkaitan dengan sila ketiga, dan seterusnya. Dengan begitu, penerapan Pancasila harus dilaksanakan secara keseluruhan, tidak terpisah-pisah.

Keterkaitan antara satu sila dengan sila lainnya menjadikan bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan yang berdiri tegak dan kokoh.

Itulah penjelasan mengenai arti penting Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Selamat belajar, detikers!



Simak Video "Riuh Klakson Saat Penutupan Jalan di Depan Monumen Pancasila Sakti"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia