Apa Arti Penting Hukum dalam Mewujudkan Keadilan?

Apa Arti Penting Hukum dalam Mewujudkan Keadilan?

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Kamis, 01 Sep 2022 13:15 WIB
Ilustrasi kasus hukum atau salah tangkap
Ilustrasi hukum. Foto: Luthfy Syahban/detikcom
Jakarta -

Hukum dan manusia merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Indonesia sendiri adalah negara hukum sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 Pasal 1 ayat 3.

Hukum bersifat normatif karena mengatur setiap tingkah laku individu dalam membangun relasi sosial, termasuk dalam menegakkan keadilan. Keadilan dapat hadir di masyarakat dengan melibatkan hukum.

Sebelum membahas pentingnya hukum dalam mewujudkan keadilan, apa sebenarnya arti hukum?

Pengertian Hukum

Hukum adalah peraturan berupa norma dan sanksi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, dan mencegah terjadinya kekacauan.

Tugas hukum adalah menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat. Dengan begitu, setiap individu berhak untuk memperoleh pembelaan didepan hukum.

Hal ini juga menyiratkan arti lain hukum, yakni merupakan peraturan atau ketentuan, baik tertulis maupun tidak tertulis, guna mengatur kehidupan masyarakat dan menyediakan sanksi bagi pelanggar hukum, sebagaimana tertulis dalam artikel milik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Selatan .

Melansir artikel ilmiah berjudul Moralitas Hukum dalam Hukum Praktis sebagai Suatu keutamaan, beberapa tokoh juga mengemukakan pendapat terkait pengertian hukum, berikut di antaranya:

Menurut E. Utrecht

Arti hukum menurut E. Utrecht adalah himpunan petunjuk hidup yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan, oleh karenanya pelanggaran terhadap petunjuk hidup itu dapat menimbulkan tindakan dari pemerintah/ masyarakat itu.

Menurut Sunaryati Hartono

Hukum itu tidak menyangkut kehidupan pribadi seseorang, akan tetapi jika mengatur berbagai aktivitas manusia dalam hubungannya dengan manusia lainnya, atau dengan kata lain hukum mengatur berbagai aktivitas manusia di dalam hidup bermasyarakat.

Menurut E. Meyers

Hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan, ditunjuk kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan yang menjadi pedoman bagi penguasa negara dalam melaksanakan tugasnya.

Menurut Immanuel Kant

Hukum merupakan keseluruhan syarat-syarat yang dengan ini kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang lain, menurut peraturan hukum mengenai kemerdekaan.

Pengertian Keadilan

Menurut Hasim M dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan SMA Kelas XI 2, keadilan merupakan hasrat atau tuntutan yang dimiliki oleh setiap hati nurani manusia. Karenanya setiap individu menginginkan diperlakukan secara adil. Sebaliknya, siapa pun akan merasa tidak suka apabila tidak diperlakukan dengan adil.

Adil dapat diartikan sebagai tindakan di mana tidak ada kesewenang-wenangan di dalamnya, yakni dilihat dari sudut pandang universal dan bukan merupakan pandangan subjektif.

Perasaan adil terkadang bersifat subjektif dan relatif. Dalam berinteraksi dengan manusia lain, seseorang bisa saja merasa suatu hal sudah adil bagi dirinya, tetapi belum tentu orang lain juga merasa adil.

Hasim menjelaskan lebih lanjut, di kehidupan sosial, keadilan merupakan tindakan yang dilakukan berdasarkan norma yang berlaku di masyarakat. Menurutnya, keadilan mengandung kebenaran, tidak memihak, dan dapat dipertanggung jawabkan.

Apa Arti Penting Hukum dalam Mewujudkan Keadilan?

Sejalan dengan penjelasan di atas, hukum berfungsi sebagai media pengatur interaksi sosial. Eksistensi hukum tentunya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Merujuk pada sumber-sumber di atas, dalam membangun relasi sosial, tentunya setiap orang ingin diperlakukan secara adil, hal bersandar pada hukum yang berlaku.

Lebih lanjut dijelaskan, arti hukum dalam mewujudkan keadilan adalah mampu menegakkan keadilan yang tidak timpang sebelah dengan menjamin hak setiap orang.

Selain itu, hukum yang dapat berdiri tegak dan bermanfaat bagi masyarakat akan menciptakan kehidupan yang adil dan sejahtera.



Simak Video "Mahfud Ungkap Persoalan Hukum di RI: Mafia di Mana-mana!"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia