Contoh Karya Seni Rupa Terapan, Pengertian Jenis, dan Keunikannya

Contoh Karya Seni Rupa Terapan, Pengertian Jenis, dan Keunikannya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Rabu, 31 Agu 2022 20:30 WIB
Pameran yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Binus dan Granito Tile Studio itu berusaha menciptakan solusi kreatif untuk permasalahan Ibukota Jakarta. Ini merupakan pameran Arcchitecture Grand Festival yang ke-3 dan diisi dengan beragam kegiatan seperti diskusi, fotografi, serta maket seperti terlihat pada gambar.
Arsitektur merupakan salah satu contoh karya seni rupa terapan (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa terbagi menjadi dua, yakni karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan.

Karya seni rupa murni adalah karya seni yang mengutamakan keindahan sebuah karya. Sementara karya seni terapan adalah karya seni yang memiliki kegunaan praktis.

Berikut penjelasan mengenai karya seni rupa terapan.


Mengenal Karya Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa terapan (applied art) adalah karya seni yang lebih mengutamakan segi kegunaan daripada segi keindahan. Ada begitu banyak karya seni rupa terapan di Nusantara, beberapa di antaranya digunakan sebagai peralatan rumah tangga, berburu, dan bertani.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, setiap daerah di Nusantara memiliki corak yang berbeda-beda pada karya seni rupa terapan.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karya seni rupa terapan, salah satunya adalah segi kegunaan. Segi kegunaan atau nilai fungsional memastikan bahwa suatu karya seni rupa terapan dapat digunakan untuk kepentingan praktis.

Di samping itu, karya seni rupa terapan juga memperhatikan segi keindahan pada karya seni yang dibuat.

Jenis dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Melansir buku Pelajaran Seni Budaya 1 karya Drs. Margono dkk., berikut jenis-jenis dan contoh karya seni rupa terapan:

  • Seni bangunan/Arsitektur

Seni bangunan adalah jenis karya seni rupa terapan berupa bangunan, contohnya tempat tinggal, tempat beribadah, sekolah, kantor, dan sebagainya.

  • Ilustrasi

Ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk menjelaskan suatu teks atau tulisan. Contoh dari karya seni rupa terapan berupa ilustrasi adalah gambar ilustrasi yang ada pada buku bacaan anak TK. Gambar tersebut dapat memudahkan pembaca untuk memahami apa yang dijelaskan dalam buku.

  • Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual adalah jenis karya seni rupa terapan yang digunakan sebagai media komunikasi.

  • Seni Kriya Terapan

Karya seni kriya terapan adalah karya seni rupa dua dimensi atau tiga dimensi yang pembuatannya dilakukan dengan memanfaatkan keterampilan tangan. Pembuatan seni kriya terapan harus dilakukan dengan sangat rajin dan teliti. Karya seni ini juga dikenal dengan sebutan crafts.


Ada bermacam-macam karya seni kriya, di antaranya kriya kulit, kriya kayu, kriya logam, batik, dan anyaman. Contoh karya seni kriya terapan adalah kursi tota, meja rotan, anyaman bambu, gerabah tanah liat, dan masih banyak lagi.


Keunikan Karya Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa terapan memiliki wujud yang beragam, baik dari corak, bentuk, ataupun bahan pembuatannya. Keunikan karya seni rupa terapan disebabkan oleh beberapa faktor, seperti bahan yang tersedia, teknik, dan keterampilan.

Keunikan tersebut juga dapat berasal dari dalam diri pembuat karya seni, contohnya latar belakang pendidikan.

Salah satu contoh keunikan karya seni rupa terapan adalah bentuk arsitektur rumah atau gedung yang berbeda-beda. Walaupun memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk dan coraknya berbeda.



Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia