Mengenal Karya Seni Tiga Dimensi dan Fungsinya

Mengenal Karya Seni Tiga Dimensi dan Fungsinya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Minggu, 28 Agu 2022 08:00 WIB
game room in the kindergarten
Ilustrasi siswa belajar karya seni tiga dimensi (Foto: Getty Images/iStockphoto/kot63)
Jakarta -

Dalam karya seni, dimensi adalah ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Karya seni yang hanya memiliki panjang dan lebar disebut karya seni dua dimensi.

Karya seni tiga dimensi tidak hanya dinikmati dari satu sisi sebagaimana karya seni dua dimensi melainkan dapat dinikmati dari berbagai arah.

Karya seni dua dimensi (dwi matra) dan karya seni tiga dimensi (tri matra) dapat dibedakan berdasarkan bidangnya. Karya seni dua dimensi memiliki bidang datar sementara karya dimensi tiga dimensi memiliki bidang ruang.


Pengertian Karya Seni Tiga Dimensi

Karya seni tiga dimensi adalah karya seni yang dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang, baik depan, belakang, kanan, kiri, atas, dan bawah. Karya seni tiga dimensi memiliki tiga unsur, yakni tinggi, panjang, dan lebar serta memiliki ruang, bentuk, dan volume.


Akan tetapi tidak terlalu banyak karya seni tiga dimensi yang dinikmati dari sisi bagian bawah. Beberapa di antaranya diletakkan dengan cara digantung atau melayang, sebagaimana dijelaskan dalam buku Pendidikan Seni Seni Rupa SMP Kelas 2 oleh Dedi Nurhadiat.


Contoh karya seni tiga dimensi adalah patung, monumen, kerajinan kriya, dan kerajinan keramik. Sedangkan yang tidak termasuk karya seni tiga dimensi adalah foto, lukisan, gambar, batik, ilustrasi, dan kaligrafi.


Karya seni tiga dimensi terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, baik sudut pandang, model ruang, pola, hingga jenisnya.


Ada beberapa teknik dalam membuat karya seni tiga dimensi, di antaranya teknik anyaman, cetak, ukir, dan tempa.


Secara sederhana, karya seni tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki volume dan menempati ruang.


Jadi bagian utama yang membedakan karya seni dua dimensi dengan karya seni tiga dimensi adalah keberadaan ruang.


Fungsi Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Melansir buku Seni Budaya untuk SMA/MA Kelas X karya Jelly Eko Purnomo dan Zefri Yandra, berdasarkan fungsinya, karya seni rupa tiga dimensi terbagi menjadi dua jenis, yakni:

Seni rupa terapan

Seni rupa terapan adalah karya seni tiga dimensi yang memiliki fungsi pakai. Tujuan dari pembuatan karya seni rupa terapan adalah memang untuk dipakai. Contoh karya seni rupa terapan adalah meja ukir dan kursi ukir.

Seni rupa murni

Seni rupa murni adalah karya seni tiga dimensi yang memiliki fungsi ekspresi. Karya seni ini tidak dapat dipakai sebagaimana karya seni rupa terapan. Contoh dari karya seni rupa murni adalah patung dan gerabah.



Simak Video "Ketika Karya Seni Berpadu dengan Kecanggihan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia