5 Hewan dengan Jumlah Gigi Terbanyak, Ada yang Capai Ribuan

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 26 Agu 2022 09:30 WIB
Lumba-lumba di Pantai Lovina
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Berbicara tentang hewan dengan jumlah gigi terbanyak, pastilah yang terbesit adalah ikan hiu. Bagaimana tidak, hewan yang satu itu dikenal dengan giginya yang tajam.

Tiap-tiap hewan mempunyai ciri khas bentuk gigi yang beragam. Bukan hanya berfungsi untuk mengunyah makanan, ada juga hewan yang menggunakan giginya untuk sekedar menangkap mangsa.

Selain hiu, masih ada hewan lain yang jumlah giginya mencapai ratusan bahkan hingga ribuan.

Penasaran? Berikut sejumlah hewan dengan jumlah gigi terbanyak dilansir dari beberapa sumber:

1. Siput

Hewan dengan gigi terbanyak pertama adalah siput. Pasti detikers tidak akan menyangka bahwa binatang yang sering dijuluki lambat ini memiliki gigi sebanyak 25 ribu buah.

Dalam Animal Wised dijelaskan, siput tidak memiliki gigi layaknya manusia atau hewan lain, adapun gigi yang dimaksud yaitu dentikel.

Letak dentikel ada pada rongga mulut siput yang disebut radula. Struktur dari dentikel ini seperti gigi-gigi kecil yang digunakan untuk mengikis makanan.

2. Armadillo Raksasa

Armadillo raksasa merupakan hewan dengan bobot sekitar 32 kg. Meski jarang menampakkan giginya, ternyata binatang yang satu ini memiliki total gigi sebanyak 100 buah.

Fungsi dari gigi-gigi armadillo untuk mengunyah makanannya, yakni sejenis larva, siput, maupun cacing.

Jumlah gigi armadillo raksasa terhitung banyak untuk mamalia, sebab biasanya mamalia tidak memiliki jumlah gigi yang banyak.

Mirisnya, populasi armadillo di dunia semakin berkurang akibat perburuan liar dan rusaknya habitat mereka.

3. Ikan Hiu

Hiu pemintal atau requiem memiliki ratusan gigi aktif di mulutnya. Direktur Program Penelitian Hiu di Florida, Gavin Naylor mengatakan ada beberapa hiu pemintal yang jumlah giginya mencapai puluhan ribu.

"Perkiraan menunjukkan beberapa spesies hiu requiem dapat tumbuh dan kehilangan 30 ribu gigi," ungkapnya dikutip dari laman Live Science.

Sebagai informasi, gigi-gigi hiu mudah tumbuh dan beregenerasi.

4. Catfish

Catfish atau ikan lele raksasa ini memiliki gigi sekitar 9 ribu buah. Meskipun ukuran giginya kecil, ikan yang satu ini dapat menggunakan seluruh giginya untuk memangsa ikan lain atau hewan kecil.

Perlu diketahui, terdapat lebih dari 3 ribu spesies catfish di dunia.

5. Lumba-lumba Laut

Lumba-lumba laut memiliki 260 jumlah gigi dengan ikutan sebesar 1 cm. Bentuk giginya yang kerucut berfungsi untuk memudahkannya dalam menangkap mangsa.

Pada kebanyakan kasus, lumba-lumba bahkan tidak menggunakan gigi mereka untuk mengunyah. Biasanya, mereka langsung menelan mangsanya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Lifetime Smiles, lumba-lumba sama seperti manusia. Ketika ia kehilangan giginya, maka gigi-gigi tersebut tidak dapat tumbuh kembali.



Simak Video "Lumba-lumba di Bali Dilepasliarkan Usai 8 Tahun Jadi Pameran"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia