5 Contoh Sejarah sebagai Kisah, Siswa Perlu Pahami

5 Contoh Sejarah sebagai Kisah, Siswa Perlu Pahami

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 22 Agu 2022 13:45 WIB
Stasiun Kereta Api Wergu Kudus simpan sejarah serbuan peluru pesawat Belanda saat Agresi Militer pertama tahun 1947
Stasiun Kereta Api Wergu Kudus menjadi bagian kisah sejarah serbuan peluru pesawat Belanda saat Agresi Militer I 1947. Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Jakarta -

Sejarah sebagai kisah dapat diartikan sebagai rekonstruksi peristiwa sejarah yang telah terjadi di masa lampau, lalu disusun secara sistematis berdasarkan data-data yang telah teruji dan dan dapat dibaca sebagai kisah. Sejarah sebagai kisah dapat dinikmati dalam bentuk buku, tulisan, maupun dokumentasi audiovisual.

Sejarah dikatakan sebagai kisah bila sejarah berperan dalam perkembangan sosial yang kemudian dijadikan masyarakat sebagai sebuah cerita dan dipercaya sungguh terjadi, seperti dikutip dari Sejarah oleh J. Sumardianta dkk.

Di sisi lain, sejarah sebagai kisah dapat mengalami rekayasa sehingga menimbulkan ketertarikan pada masyarakat. Dalam hal ini, sejarah sebagai kisah merupakan rangkaian narasi yang disusun berdasarkan ingatan, tafsiran manusia atau sejarawan, atau kesan tentang yang terjadi di masa lalu.

Contoh sejarah sebagai kisah adalah kisah perang kemerdekaan Indonesia yang terdiri atas dua tafsiran, yaitu versi Indonesia berupa kisah Indonesia melawan penjajahan Belanda, dan dalam versi Belanda berupa kisah tentara Belanda melawan pemberontakan rakyat Indonesia, seperti dikutip dari Master Kisi-Kisi SBMPTN Soshum 2019 oleh The King Eduka.

Sejarah sebagai kisah bersifat subjektif karena bergantung pada interpretasi atau penafsiran tiap penulisnya yang memiliki kepribadian berbeda-beda.

Contoh Sejarah sebagai Kisah

1. Kisah Perang Kemerdekaan Indonesia

Perang Kemerdekaan Indonesia atau revolusi nasional Indonesia adalah konflik bersenjata dan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Belanda. Konflik ini berlangsung sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia hingga pengakuan de jure kemerdekaan Indonesia oleh Belanda pada 27 Desember 1949.

Kisah perang kemerdekaan Indonesia dapat memiliki perbedaan maupun kemiripan kisah berdasarkan fakta-fakta sejarah yang terkumpul dengan penulisan sesuai perspektif penulisnya, baik dari pihak-pihak Indonesia, Belanda, Jepang, hingga Sekutu.

2. Kisah Proklamasi 1945

Proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pada Jumat, 17 Agustus 1945. Jelang proklamasi Indonesia, terjadi kekalahan Jepang atas Sekutu, sehingga terjadi kekosongan kekuasaan. Terjadi peristiwa Rengasdengklok, perumusan teks proklamasi, hingga peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia sendiri. Kelak, Belanda tidak mengakui proklamasi ini.

Kisah detik-detik Proklamasi dan hari-hari di balik Proklamasi berdasarkan penuturan para saksi sejarah yang terlibat dan penafsiran sejarawan dapat berbeda-beda maupun mirip berdasarkan fakta sejarah yang ada.

3. Kisah Kerajaan Majapahit

Majapahit atau Wilwatikta adalah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia sekitar 1293-1527 M. Kerajaan yang didirikan Raden Wijaya ini mencapai kejayaan di masa kepemimpinan Hayam Wuruk, sekitar tahun 1350-1389.

Berdasarkan peninggalan sejarah dan penafsirannya, kisah Kerajaan Majapahit membentang dari kisah kejayaan di masa Hayam Wuruk, kisah Gajah Mada dan Sumpah Palapa, kisah raja-raja Majapahit yang patut dan tidak patut diteladani, kisah penaklukan kerajaan-kerajaan di nusantara oleh Majapahit, dan kisah kemunduran Majapahit di masa berkembangnya Kesultanan Demak.

4. Kisah Menyebarnya Agama Islam di Zaman Kerajaan Nusantara

Kisah penyebaran agama Islam di zaman kerajaan nusantara umumnya mengangkat cerita tentang jejaring perdagangan, pernikahan, dan pertukaran budaya di nusantara. Kisah-kisah yang diangkat antara lain yakni kisah Kesultanan Demak, Wali Songo, Samudra Pasai, dan lain-lain.

5. Kisah Tiga Serangkai

Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), Ernest Douwes Dekker, dan Cipto Mangunkusumo dikenal dengan perjuangannya untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan. Sosok yang dikenal sebagai tiga serangkai ini tetap aktif menulis dan meneruskan semangat perjuangan saat di pengasingan di Belanda pada pelajar-pelajar Indonesia di sana.

Kisah tiga serangkai ini antara lain bercerita tentang pendirian dan pergerakan Indische Partij untuk kemerdekaan Indonesia, tulisan-tulisan yang membangkitkan kesadaran untuk melawan kolonialisme, dan kampanye anti penjajahan.

Nah, itu dia sekilas contoh sejarah sebagai kisah. Apa saja kisah sejarah yang detikers sudah baca?



Simak Video "Arti Kemerdekaan Bagi Traveler? "Mau Liburan Tanpa Masker""
[Gambas:Video 20detik]
(twu/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia