Bolehkah Memejamkan Mata saat Sholat? Ini Penjelasannya

Bolehkah Memejamkan Mata saat Sholat? Ini Penjelasannya

Devi Setya - detikEdu
Minggu, 21 Agu 2022 18:00 WIB
Sholat
Ilustrasi pria muslim sholat dengan memejamkan mata Foto: Getty Images/Image Source
Jakarta -

Ada sebagian orang yang terbiasa sholat sambil memejamkan mata. Apakah sholat dengan cara ini dianggap sah?

Setiap umat muslim yang mengerjakan sholat tentu ingin ibadahnya khusyuk. Namun untuk mencapai titik khusyuk ini bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Menutup mata ketika sholat kerap menjadi alasan beberapa orang untuk mendapatkan kekhusyukan. Meskipun ada juga yang melakukannya dengan cara lain, misalnya sholat di tempat yang sepi, di tempat gelap ataupun memilih tempat yang tenang.

Terkait kebiasaan menutup mata ketika sholat, hal ini sebenarnya bertentangan dengan yang dilakukan Rasulullah SAW. Hal ini dijelaskan oleh Ummi Ayanih dalam buku Dahsyatnya Shalat dan Doa Ibu, Rasulullah SAW diriwayatkan tidak pernah shalat dengan memejamkan mata.

Perbedaan pendapat terkait memejamkan mata saat sholat

Para ulama memiliki pendapat yang berbeda mengenai masalah ini. Imam Ahmad mengatakan memejamkan mata saat sholat hukumnya makruh karena hal ini merupakan kebiasaan orang Yahudi.

Sementara sebagian ulama lainnya mengatakan tidak makruh asalkan memiliki tujuan yang baik. Sebut saja misalnya, jika seseorang tidak memejamkan mata ketika sholat maka akan terganggu dengan objek visual di sekitarnya. Atau khawatir sholatnya tidak khusyuk jika tetap membuka mata.

Dikutip dari buku Fikih Sunnah Jilid 1 oleh Sayyid Sabiq hadist yang menyatakan hukum makruh memejamkan mata ketika sholat bukan merupakan hadist sahih.

Ibnu Qayyim berkata, "Yang benar, jika membuka mata tidak mengganggu kekhusyukan sholat maka hal itu lebih utama. Sebaliknya, jika membuka mata dapat mengganggu kekhusyukan, disebabkan adanya ukiran, lukisan dan lain sebagainya pada arah kiblat, maka memejamkan mata bukan saja dibolehkan, tapi justru jika ditinjau dari maksud syariat hal ini lebih tepat bila dinyatakan sesuai anjuran dibanding bila dinyatakan makruh."

Jadi intinya, Rasulullah SAW tidak pernah mencontohkan sholat dengan mata tertutup namun hal ini boleh dilakukan pada kondisi tertentu. Wallahu a'lam



Simak Video "Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tak Cepat Lelah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia