Mengenal Herodotus, Bapak Sejarah Dunia asal Yunani Kuno

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Kamis, 18 Agu 2022 10:30 WIB
Patung Bapak Sejarah Dunia asal Yunani bernama Herodotus
Patung Bapak Sejarah Dunia asal Yunani bernama Herodotus (Foto: Wikimedia Common/Walter)
Jakarta -

Sejarah adalah kejadian pada masa lampau yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Tetapi, apakah kamu pernah berpikir jika siapa orang pertama yang mengkaji sejarah secara komprehensif? Yap, jawabannya adalah Herodotus yang mendapat julukan bapak sejarah dunia.

Dalam buku Pengantar Ilmu Sejarah (2017) yang ditulis oleh Heryati bahwa kata "sejarah" ini berasal dari bahasa Melayu yang menyerap kata syajarah dari bahasa Arab yang berarti pohon, keturunan, asal- usul, silsilah.

Intinya, sejarah merupakan kajian ilmiah yang membahas secara sistematis mengenai perubahan dari kejadian atau peristiwa pada masa lalu. Walaupun memang banyak ahli sejarah yang memiliki perspektif berbeda-beda mengenai sejarah.

Herodotus Sebagai Bapak Sejarah Dunia

Pada abad ke-5 SM, hidup seorang sejarawan terkemuka yang memiliki ide-ide ilmiah dan komprehensif bernama Herodotus. Herodotus diperkirakan hidup pada 484 SM hingga 425 SM di era Yunani Kuno. Oleh beberapa ahli, Herodotus diberi gelar bapak sejarah dunia karena kontribusinya yang cukup besar terhadap kajian ilmu ini.

Pemberian gelar ini tentu bukan tanpa alasan. Karena, Herodotus diklaim sebagai orang pertama yang mampu mengakumulasi data-data sejarah secara runtut, jelas, dan sistematis. Bahkan, dirinya mampu untuk melakukan proses validitas terhadap data-data sejarah dan menyusunnya secara naratif.

Karena hidup di masa-masa sebelum Masehi, maka kisah hidup dari Herodotus ini cenderung masih sangat minim sekali. Berbeda dengan kisah hidup dari beberapa filsuf terkenal Yunani Kuno, seperti Aristoteles, Socrates, hingga Plato yang lengkap dan didokumentasikan dalam buku-buku sejarah.

"Historia" Karya Megah dan Fenomenal dari Herodotus

Salah satu alasan mengapa Herodotus disebut sebagai bapak sejarah dunia adalah karena karyanya yang berjudul "Historia". Melansir dari British Library bahwa karya dari Herodotus ini ditulis pada paruh kedua pada abad ke-5 SM dan menjadi literatur sejarah terlengkap, detail, sistematis, dan komprehensif pertama di dunia.

Tulisan fenomenal dari Herodotus ini mendeskripsikan secara lengkap mengenai kultur masyarakat Yunani Kuno, dinamika politik, hingga fenomena budaya di daratan Asia dan Mediterania. Tetapi yang paling diingat dari buku ini adalah tentang peristiwa sejarah di berbagai arena yang tidak lekang oleh waktu.

Misalnya, Historia menceritakan secara jelas mengenai pemberontakan Lonia pada tahun 499 SM serta peperangan Yunani dan Persia pada tahun 479 SM. Sejarah Perang Persia ini pula merupakan karya Herodotus yang diakui sebagai historiografi.

Ia mengumpulkan catatan peristiwa sejarah Perang Yunani-Persia secara sistematis dan menampilkan objektivitasnya terhadap sudut pandang Yunani maupun Persia. Sebuah cara yang tidak lazim pada masa itu ketika membuat sebuah kisah.

Saat menyusun karya itu, Herodotus juga menguji akurasinya sampai batas tertentu. Lalu menyusunnya dalam bentuk narasi yang terstruktur secara jelas, sehingga dijadikan karya tulis sejarah pertama.

Herodotus semacam mengimplementasikan teknik investigasi yang detail, objektif, dan sistematis sebagai fondasi awal metode penelitian dalam ilmu sejarah.

Dikutip dari National Geographic, Herodotus dalam karyanya ini melakukan penyelidikan dari penyebab peristiwa di masa lampau dan menggoreskan tinta narasinya untuk dapat dibaca oleh khalayak umum sebagai sebuah ilmu pengetahuan.

Bahkan, Herodotus benar-benar secara detail menuliskan deskripsi kultur dan kehidupan sosial dari masyarakat di zaman tersebut. Mulai dari kehidupan sosial, kepercayaan, politik, hingga militer sebagai aspek-aspek fundamental dalam masyarakat.

Pengertian sejarah sejarah menurut Herodotus adalah kajian yang menceritakan jatuh-bangun masyarakat, tokoh, bangsa dan peradaban.

Herodotus juga menyatakan sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran dengan tingkatan tinggi rendahnya terganti oleh keadaan manusianya.

Nah, itu adalah secarik kisah hidup dari Herodotus sebagai bapak sejarah dunia. Semoga menambah wawasan detikers!



Simak Video "Deretan Tahun Paling Mengerikan dalam Sejarah Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia