Pancasila Berasal dari Bahasa Sansekerta, Ini Makna dan Artinya

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 14:30 WIB
Pencipta lagu Garuda Pancasila ialah Sudharnoto. Garuda Pancasila adalah salah satu lagu wajib nasional negara Indonesia.
Arti dan makna Pancasila. Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia
Jakarta -

Istilah Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yang saat itu menjadi bahasa kasta Brahmana. Sementara itu, rakyat biasa menggunakan bahasa Prakerta.

Menurut Muhammad Yamin, Pancasila di bahasa Sansekerta memiliki 2 macam arti secara leksikal, yaitu panca berarti lima dan syila dengan "i" yang dibaca pendek berarti dasar, batu sendi, atau alas.

Sementara itu, syila dengan pengucapan i panjang (syi:la) memiliki arti peraturan tingkah laku yang baik, utama, atau penting, seperti dikutip dari Ensiklopedi Pancasila: Arti Pancasila dan Demokrasi Pancasila oleh R. Toto Sugiarto dkk.

Dari asal kata tersebut, disimpulkan bahwa arti Pancasila secara harafiah adalah dasar yang memiliki lima unsur. Dalam konteks di Indonesia, arti Pancasila adalah lima dasar negara Republik Indonesia.

Berikut arti Pancasila menurut para ahli dan maknanya.

Arti Pancasila Menurut Para Ahli

  • Menurut Soekarno, Pancasila adalah isi dalam jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya falsafah negara, tetapi juga falsafah bangsa Indonesia.
  • Menurut Muhammad Yamin, Pancasila berarti lima sendi, alas, dasar, atau peraturan tingkah laku yang penting serta baik.
  • Menurut Notonegoro, Pancasila adalah dasar falsafah serta ideologi negara yang dapat diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar kesatuan.
  • Menurut Panitia Lima, Pancasila adalah lima asas yang merupakan ideologi negara. Kelima silanya merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, berangkaian, dan tidak berdiri sendiri.

Makna Pancasila

  • Makna Pancasila sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia adalah nilai-nilai yang tercantum dalam ideologi Pancasila merupakan cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara. Pancasila disepakati bersama, dan karenanya menjadi sarana pemersatu (integrasi) masyarakat Indonesia, seperti dikutip dari Ensiklopedia Pancasila: tentang Etika dan Nilai Pancasila oleh R. Toto Sugiarto dkk.
  • Makna Pancasila bagi bangsa Indonesia dari aspek hukum adalah sumber dari segala sumber tertib hukum, sumber kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur RI beserta unsur-unsurnya, yaitu rakyat, wilayah, dan pemerintahan yang berdaulat, seperti dikutip dari Pasti Bisa PPKn untuk SMP/MTS Kelas VII oleh Tim Ganesha Operation.
  • Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila menjadi dasar atau pedoman bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila berdasarkan pada nilai-nilai filasafat yang menjadi peraturan dan dasar dari norma-norma yang berlaku di Indonesia.

Landasan hukum Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 dan Ketetapan MPR RI No. I/MPR/2003. Landasan hukum tersebut menjelaskan bahwa fungsi pokok Pancasila adalah menjadi dasar negara RI, sebagaimana ditentukan para pendiri bangsa tentang tujuan perumusan Pancasila.



Simak Video "Fakta-fakta Wilayah Udara Natuna yang Dikuasai Singapura Sejak RI Merdeka"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia