Ini Peran India dan Mesir dalam Mendukung Kemerdekaan Indonesia

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Senin, 15 Agu 2022 15:03 WIB
Ilustrasi Bendera Indonesia
Foto: mufidpwt/Pixabay/Ini Peran India dan Mesir dalam Mendukung Kemerdekaan Indonesia
Jakarta -

Pada fase awal kemerdekaan, negara Indonesia mendapatkan intervensi dari negara-negara asing yang masih belum mengakui kedaulatan Indonesia. Namun ada beberapa negara yang secara terbuka mendukung kemerdekaan Indonesia, seperti India dan Mesir. Kira-kira apa peran India dan Mesir dalam mendukung kemerdekaan Indonesia?

Sebelum mengetahui peran India dan Mesir, kamu harus memahami jika pengakuan negara-negara lain terhadap kemerdekaan Indonesia merupakan hal yang penting.

Alasannya karena secara de jure dapat memenuhi kebutuhan sosial dalam kehidupan bernegara dan membangun hubungan internasional.

Selain itu, pengakuan negara lain terhadap kemerdekaan Indonesia dapat mencegah tindakan merugikan antar negara.


Peran India dalam Mendukung Kemerdekaan Indonesia

Peran India dan Mesir dalam mendukung kemerdekaan Indonesia menjadi respon positif yang secara tidak langsung menguatkan legitimasi Indonesia sebagai negara yang berdaulat.

Sebelum India mendukung kemerdekaan Indonesia, ada gerakan dari pelajar Indonesia yang membentuk Persatuan Putera Indonesia di India (PPII) yang mendesak pemimpin India untuk membela proklamasi Indonesia.

Mengutip dari Modul Pembelajaran SMA Sejarah Kelas XII (2018) yang disusun oleh Nancy Rahman bahwa India memiliki beberapa peran dalam mendukung kemerdekaan Indonesia, yaitu:


1. Mendistribusikan obat-obatan ke Indonesia. Tindakan ini merupakan balasan atas bantuan Indonesia yang telah mengirim kurang lebih 500.000 ton padi ke India


2. Pada 31 Juli 1947, India dan Australia mengajukan masalah Indonesia-Belanda ke Dewan Keamanan PBB. Akibat dari tindakan India dan Australia, PBB mengeluarkan resolusi (1 Agustus 1947) untuk menghentikan pertikaian antara Indonesia dan Belanda melalui arbitrase


3. Diadakannya Konferensi Asia-Afrika di New Delhi (20-25 Januari 1949). Konferensi ini dihadiri oleh negara-negara Asia, seperti Pakistan, Afghanistan, Libanon, Suriah, Saudi Arabia, Filipina, India, Myanmar, Yaman, dan Irak. Kemudian, delegasi dari Afrika berasal dari Mesir dan Ethiopia. Selain itu, konferensi ini juga dihadiri utusan dari Australia, serta Indonesia dalam ini diwakili oleh Dr. Sudarsono


Peran Mesir dalam Mendukung Kemerdekaan Indonesia

Mesir sangat berperan aktif dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Sama halnya dengan India, ada gerakan dari mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Mesir yang secara kolektif mensosialisasikan kemerdekaan Indonesia di berbagai media massa di Mesir.

Selain itu, ada dorongan dari diplomasi Indonesia ke Mesir yang diketuai oleh H. Agus Salim. Berikut peran Mesir dalam mendukung kemerdekaan Indonesia:


1. Peran dari organisasi Al-Ikhwan Al-Muslimun yang dipimpin Syaikh Hasan Al-Banna


2. Aksi pemuda Mesir yang berdemo di Kedubes Belanda di Kairo


3. Mengirim delegasi Mesir (Abdul Mun'im) ke Yogyakarta


4. Mesir mendorong agar Liga Arab mengakui kemerdekaan RI (18 November 1946)


5. Ditandatanganinya perjanjian persahabatan antara RI (H. Agus Salim) dan Mesir (Fahmi Nokrashi Pasha) (10 Juni 1947)


6. Menteri Luar Negeri Mesir di bawah kabinet Ahmad Kasabah Pasha mengirim nota resmi ke Belanda yang berisi permintaan dari Mesir agar Belanda bersedia menghentikan aksinya di Indonesia


7. Aksi pemboikotan oleh para buruh di pelabuhan Port Said dan Terusan Suez terhadap kapal-kapal Belanda


Nah, itulah peran India dan Mesir dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Semoga menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Atlet Merah Putih, Waktunya Kembali Bangkit Mengukir Prestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia