Surah Al Baqarah Ayat 83 dan 4 Perintah yang Dikandungnya

Rahma Harbani - detikEdu
Senin, 15 Agu 2022 05:02 WIB
Al-quran
Ilustrasi. Ini isi kandungan surah Al Baqarah ayat 83. (Getty Images/iStockphoto/Husam Cakaloglu)
Jakarta -

Surah Al Baqarah ayat 83 menceritakan tentang pengingkaran yang dilakukan oleh kaum Bani Israil terhadap perjanjian yang dibuat mereka dengan Allah SWT. Perjanjian tersebut berisikan perintah agar Bani Israil tidak menyekutukan Allah SWT dan perintah untuk senantiasa berbuat baik.

Surah Al Baqarah Ayat 83 dalam Arab, Latin, dan Artinya

وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَّاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۗ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْكُمْ وَاَنْتُمْ مُّعْرِضُوْنَ

Artinya: "(Ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari Bani Israil, "Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Selain itu, bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah salat, dan tunaikanlah zakat." Akan tetapi, kamu berpaling (mengingkarinya), kecuali sebagian kecil darimu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang."

Menurut tafsir dari Ibnu Katsir, meski perintah dalam ayat tersebut ditujukan kepada Bani Israil, namun isi perintah di dalamnya juga dikenakan bagi seluruh muslim masa kini sebagai pengingat. Mulai dari perintah beribadah kepada Allah hingga berbuat baik kepada kedua orang tua serta sesama muslim.

"Ada anjuran bersedekah kepada anak-anak yang bapaknya telah meninggal sebelum mereka berusia baligh, membantu orang-orang yang membutuhkan, bertutur kata yang baik dan melaksanakan sholat, serta membayar zakat," tulis Ibnu Katsir.

Secara rinci, isi kandungan dalam surah Al Baqarah ayat 83 dirangkum buku Pasti Bisa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation menjadi 4 perintah bagi muslim.

4 Perintah dalam Surah Al Baqarah Ayat 83

1. Perintah berbuat baik pada orang tua

Berbuat baik kepada orang tua hukumnya adalah wajib. Amalan yang dapat dilakukan sebagai wujud berbuat baik pada orang tua di antaranya adalah berbakti kepadanya, mendengarkan dan menjalankan nasihat selama tidak bertentangan dengan perintah Allah, menyenangkan hati, tidak berkata kasar, dan tidak menyakiti hatinya.

2. Perintah berbuat baik pada kerabat, anak yatim, dan orang miskin

Perintah yang dikandung dalam surah Al Baqarah ayat 83 selanjutnya adalah perintah berbuat baik pada kerabat, anak yatim, dan orang miskin. Untuk kerabat sendiri yang dimaksud adalah orang-orang yang memiliki hubungan darah.

Sementara yatim adalah anak dengan ayah yang sudah meninggal. Lalu, orang-orang miskin adalah mereka dengan penghasilan yang tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup.

Untuk itu, berbuat baik pada golongan tersebut dapat diwujudkan dengan menumbuhkan kepedulian kepada mereka dengan memberikan sebagian harta atau sesuatu yang dimiliki. Anjuran ini bahkan ditegaskan dalam surah Al Ma'un ayat 1-3,

(1) اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ

(2) فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ

(3) وَلَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۗ

Artinya: "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan untuk memberi makan orang miskin."

3. Perintah berkata dengan perkataan baik

Perintah bertutur kata baik ini berlaku pada seluruh muslim yang ditujukan pada orang lain. Kata-kata baik yang dimaksud adalah perkataan yang membuat seseorang tenang dan nyaman kala mendengarkan.

Di samping itu, perkataan baik juga diharapkan membuat lawan bicara merasa dihargai dan dihormati.

4. Perintah melaksanakan salat dan membayar zakat

Terakhir, surah Al Baqarah ayat 83 memerintahkan kita untuk selalu berbuat baik dengan membayar zakat dan melaksanakan salat. Zakat sebagai sarana untuk membersihkan harta dan jiwa sementara salat sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT sekaligus pencegah seseorang dari perbuatan munkar.



Simak Video "Innalillahi, Ustazah di Tebet Meninggal Saat Baca Al-Quran"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia