Apakah Anjing Bisa Bermimpi? Ini Penjelasannya

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 14 Agu 2022 10:58 WIB
anjing
Ilustrasi anjing tidur. (Foto: Devita Tri Hapsari)
Jakarta -

Para peneliti telah menemukan kalau anjing juga bermimpi layaknya manusia. Bahkan, beberapa menyatakan bahwa anjing memimpikan pemiliknya.

Sering kali kita melihat anjing akan mengayuhkan kaki ketika tidur. Mirip seperti manusia, terkadang kita juga mengayuhkan kaki jika mimpi sedang berlari.

Sebenarnya, apa yang dimimpikan oleh anjing?

Apa yang Dimimpikan oleh Anjing?

Bagi pemilik anjing, mereka akan sering melihat peliharaannya mengayuhkan kaki saat tidur. Asumsinya, anjing sedang mimpi berlari mengejar sesuatu.

Ilmuwan setuju akan hal tersebut. Sebab, otak anjing dan manusia sebenarnya serupa dalam hal struktur.

Otak anjing dan manusia menunjukkan siklus tidur yang serupa. Kesamaan ini membuat para peneliti mengatakan bahwa mimpi anjing sangat mirip dengan manusia. Sebab, mereka juga memproses peristiwa dari aktivitas pada hari itu.

Situs Science Focus menjelaskan, mimpi anjing terdiri dari kehidupan nyata, termasuk sang pemilik. Memori tentang garukan pada telinga hingga hadiah untuk perilaku baik akan terekam oleh anjing dan menjadi skenario dalam mimpi. Jadi benar adanya, kalau anjing akan memimpikan pemiliknya.

Siklus Tidur Anjing

Sama seperti manusia, anjing mengalami siklus tidur. Meski disebutkan tidur antara 12 sampai 14 jam sehari, siklus tidur anjing sebenarnya jauh lebih pendek dari manusia. Peneliti anjing Dr Stanley Coren, penulis buku Do Dogs Dream? menemukan bahwa anjing yang lebih besar memiliki siklus tidur lebih lama dibanding anjing bertubuh kecil.

Anjing yang lebih besar memiliki mengalami mimpi baru setiap 90 menit. Kemudian anjing yang lebih kecil, memiliki mimpi yang lebih pendek tetapi lebih sering bermimpi. Chihuahua contohnya, bermimpi setiap 10 menit sekali!

Apa yang Diimpikan oleh Anjing Ketika Mereka Menggonggong?

Bukan hanya kayuhan kaki yang menunjukkan anjing sedang bermimpi. Secara umum, anjing juga bisa bereaksi secara tidak sadar terhadap mimpi dengan mengibaskan ekor, merengek, menggeram, melengkungkan bibir atau bahkan menggonggong.

Tapi ini tidak berarti anjing mengalami mimpi buruk, melainkan mereka menggonggong pada sesuatu yang biasanya mereka gonggong di siang hari, tupai misalnya.

Tidak seperti manusia, anjing tidak memiliki imajinasi yang kreatif. jadi kecil kemungkinan mereka akan mengalami mimpi buruk seperti manusia. Sebaliknya, mereka mungkin memimpikan kenangan traumatis, seperti mandi yang ditakuti atau suara petir.



Simak Video "Investigasi DMFI Ungkap Operasi Perdagangan Anjing Ilegal di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia