25 Link Twibbon Hari Pramuka 2022, Lengkap Logo dan Sejarahnya

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 13 Agu 2022 20:00 WIB
Ucapan Hari Pramuka 2022 bisa kamu gunakan untuk memeriahkan peringatannya pada tanggal 14 Agustus 2022. Hari Pramuka tahun ini memasuki peringatan ke-61.
Ilustrasi Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Hari Pramuka adalah hari diperingatinya kelahiran gerakan Pramuka atau Praja Muda Karana di Indonesia. Hari besar nasional di bulan Agustus ini jatuh bertepatan pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Mengutip laman Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Hari Pramuka 2022 sudah memasuki peringatan yang ke-61. Peringatannya akan diselenggarakan di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Meski demikian, detikers juga dapat meramaikan peringatan ini dengan mengunggah twibbon yang berkaitan dengan Hari Pramuka pada akun media sosial. Melansir dari situs Twibbonize, berikut daftar lengkap link twibbon Hari Pramuka yang bisa digunakan.

Link Twibbon Hari Pramuka 2022

Logo Hari Pramuka 2022

Peringatan Hari Pramuka ke-61 mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa. Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 tentang Tema dan Logo Pramuka ke-61 Tahun 2022.

Tema tersebut dituangkan dalam logo Hari Pramuka 2022 sebagai berikut:

Logo Hari Pramuka 2022 adalah representasi dari peringatan Hari Pramuka ke 61. Seperti diketahui, Hari Pramuka diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus.Logo Hari Pramuka 2022 adalah representasi dari peringatan Hari Pramuka ke 61. Seperti diketahui, Hari Pramuka diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus. (Foto: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka).

Makna yang dikandung dari logo tersebut di antaranya, angka 6 dan 1 menunjukkan angka perayaan ulang tahun Pramuka yang ke-61. Angka 6 digambarkan dengan kelopak tunas kelapa serta angka 1 yang menopang logogram tunas kelapa dengan tegak berkesan kokoh.

Secara keseluruhan logo Hari Pramuka diharapkan dapat membangun citra positif gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital.

Sejarah Hari Pramuka

Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia itu berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak tahun 1923. Namun, gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Mulanya, sejarah Pramuka Indonesia berawal di era penjajahan Belanda atau masa Hindia Belanda. Saat itu, organisasi kepramukaan Indonesia bernama Nederlandse Padvinders Organisatie (NPO) dan berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) pada tahun 1916.

Menurut buku Sejarah Pramuka Indonesia dan Cikal Bakal Jambore Nasional oleh Toto Sugiarto, cikal bakal berdirinya organisasi kepanduan nasional juga ada yang secara langsung diinisiasi oleh orang Indonesia asli yakni S.P. Mangkunegara VII. Organisasinya bernama Javaanse Padvinders Organisatie (JPO)

Lahirnya organisasi ini juga mendorong kelahiran organisasi-organisasi lain di Indonesia, seperti Padvinder Muhammadiyah, Nationale Padvinderij, dan lain-lain. Singkat cerita, gerakan kepanduan nasional pun kian populer di kalangan masyarakat.

Hingga memasuki era awal kemerdekaan Indonesia, ada beberapa tokoh yang sepakat untuk membentuk "Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia" sebagai wujud dari perkumpulan organisasi kepramukaan di Indonesia. Pada akhirnya, gerakan Pramuka pun diresmikan pada 14 Agustus 1961.

Peristiwa itulah yang kemudian menjadi peristiwa bersejarah bagi kelahiran Pramuka yang kini dikenal sebagai Hari Pramuka. Saat ini, gerakan Pramuka menjadi organisasi yang sudah tertanam dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah Indonesia.

(rah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia