Saat Pramuka Indonesia Kepakkan Sayap ke India, Inilah Putri Putri Terbaik Bangsa

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Minggu, 07 Agu 2022 20:00 WIB
Delegasi Pramuka Indonesia
Delegasi Pramuka Indonesia ikuti program pertukaran ke India. Foto: Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia
Jakarta -

Barisan itu tersenyum sumringah mengantar putra putri terbaik bangsa. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso, melepas keberangkatan delegasi Gerakan Pramuka ke India bertepatan dengan Hari Pramuka ke 61 tahun 2022.

Di Taman Makam Pahlawan Kalibata itu, para delegasi berpose dengan atribut Pramuka lengkap. Pelepasan ini dalam rangka Program Pertukaran Pemuda atau Youth Exchange Program (YEP) dengan NCC (National Cadet Corps).

Kegiatan itu akan berlangsung selama 10 hari pada tanggal 8 sampai 18 Agustus 2022. Adapun delegasi yang berangkat beranggotakan 10 Pramuka Penegak dan Pandega didampingi 2 Pembina putra dan putri dari 7 Kwartir Daerah.

"Kakak berharap Adik-Adik mampu menjaga citra positif Indonesia, berdisiplin selalu mengikuti kegiatan dengan baik, dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan," ujar Budi Waseso dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (7/8/2022).

Para Delegasi Terpilih

Delegasi yang berusia 18 sampai 22 tahun itu terdiri dari 7 Kwarda. Mereka lolos seleksi oleh Tim Kedutaan Besar India yang dipimpin langsung oleh Atase Pertahanan Kedubes India, Captain Amitabh Saxena dengan mediasi Kak Brata T. Hardjosubroto. Adapun nama-nama dari para delegasi adalah sebagai berikut.

Delegasi Putri

1. Putri Viola Kurnia dari Kwarda DKI Jakarta

2. Zafira Naja Sakina dari Kwarda DKI Jakarta

3. Tamara Ali Ihsan dari Kwarda Babel

4. Inara Subhati dari Kwrada Aceh

5. Restu Nissa Hafiza dari Kwarda Kalbar

Kelima delegasi putri ini didampingi oleh Kak Vildy Zulhiz Maretha Dewi dari Kwarda Jabar sebagai Pembina puteri dan Kak Vildy sebagai Sekretaris DKN (Dewan Kerja).

Delegasi Putra

1. Muhammad Ilham Saputra dari Kwarda DKI Jakarta

2. Muhammad Fakhir Naufal dari Kwarda DKI Jakarta

3. Rosyad Burhan dari Kwarda DKI Jakarta

4. Zima Zikky Usma Holpan dari Kwarda DKI Jakarta

5. Farhan Alwan Ramadhan dari Kwrada Aceh

Delegasi putra didampingi Kak Miftahul Rachmat dari Kwarda Banten sebagai Pembina putera.

Rangkaian Acara

Program pertukaran pemuda Pemerintah India dilaksanakan pada Bulan Agustus 2022. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik India ke-75 pada tanggal 15 Agustus 2022. Biaya perjalanan dan kegiatan ditanggung penuh oleh Pemerintah India.

Pada dua hari awal mereka akan diterima di kantor Director General of National Cadet Corps (DGNCC) dan mengunjungi National War Memorial and National Museum. Kemudian mengunjungi tempat bersejarah dan wisata di New Delhi.

Selanjutnya, adik-adik pramuka Indonesia akan berkunjung ke Jaipur dan Agra, melihat tempat wisata Taj Mahal. Setelah itu kembali ke ibu kota Indiap ada 15 Agustus 2022 untuk memperingati Hari Kemerdekaan India.

Tak lupa, para delegasi akan mengikuti serangkaian pertemuan dan pentas seni dengan taruna dari National Cadet Corps (NCC) di New Delhi.

Barulah pada 17 Agustus 2022 putra putri bangsa ini akan menghadiri upacara Hari Kemerdekaan RI di Kedutaan Besar RI di New Delhi yang akan dipimpin langsung oleh Dubes RI untuk India merangkap Kerajaan Bhutan, Ibu Ina Hagningtyas Krisnamurthi.

Ini merupakan program pertukaran pertama antara Gerakan Pramuka Indonesia dan Pemerintah India. Kurang lebih 10 delegasi pemuda dari negara berbeda turut diundang oleh Pemerintah India, termasuk dari negara Inggris, Wales, dan Skotlandia.



Simak Video "Ganjar Ingatkan Bahaya Nikah Dini: 'Ojo Kawin Bocah'"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia