5 Dataran Tinggi di Indonesia, Ada di Mana Saja?

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Jumat, 12 Agu 2022 18:30 WIB
Village houses and mosques are seen in the Dieng mountain area in Banjarnegara, Central Java province, Indonesia, on August 6, 2022. (Photo by Garry Lotulung/NurPhoto via Getty Images)
Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto/5 Dataran Tinggi di Indonesia, Ada di Mana Saja?
Jakarta -

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki luas 1,905 juta km2 dan dataran tinggi yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Kira-kira di mana saja dataran tinggi di Indonesia?

Mengutip buku Indonesia Kaya: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket B Setara SMP/MTS (2017) yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa dataran tinggi adalah tanah datar yang luas di daerah yang tinggi.

Ketinggian relief dari dataran tinggi ini sekitar 200 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut. Terbentuknya dataran tinggi adalah akibat dari hasil erosi dan sedimentasi, ataupun bekas dari kaldera (kawah gunung api) luas yang tertimbun material gunung.

5 Dataran Tinggi di Indonesia

Dari Sabang sampai Merauke tersimpan harta karun alam berupa dataran tinggi yang bermacam-macam. Berikut dataran tinggi di Indonesia:

1. Dataran Tinggi Malang

Malang adalah kota yang terkenal akan suhu dingin dan tempat wisata yang memanjakan mata dengan panorama alam yang indah.

Dataran tinggi Malang ini berkisar di ketinggian 440 sampai 667 meter dan dikelilingi oleh beberapa gunung. Di antaranya, yakni gunung Kawi, gunung Arjuno, gunung Kelud, dan gunung Panderman.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng ini terletak di provinsi Jawa Tengah yang dihimpit oleh pegunungan Dieng. Kemudian, dataran tinggi Dien ini secara administratif berada di wilayah Kecamatan Batur.

Di lain sisi, dataran tinggi Dieng ini berada pada ketinggian 1600 sampai 2100 meter di atas permukaan laut.

3. Dataran Tinggi Bukit Barisan

Dataran tinggi Bukit Barisan berada di daerah Bengkulu, tetapi tepatnya membentang di pulau Sumatra sepanjang 1.650 km.

Dataran tinggi ini sebut sebagai Bukit Barisan karena ada rentetan pegunungan yang seperti memanjang dan sejajar di pulau Sumatra.

4. Dataran Tinggi Kapuas Hulu

Dataran tinggi Kapuas Hulu terletak di provinsi Kalimantan Barat. Secara geografi, dataran tinggi Kapuas Hulu ini membentang di dua daerah besar, yakni Kalimantan Barat dan Serawak.

Dataran tinggi Kapuas Hulu memiliki ketinggian 20 sampai 500 meter dan terlihat dari puncak tertingginya ada gunung Lawit.

5. Dataran Tinggi Gayo

Dataran tinggi Gayo ini membentang melewati beberapa wilayah, seperti Aceh, Gayo Lues, dan Bener Meriah. Kemudian, ada tiga kota utama yang dilewati oleh dataran tinggi Gayo, yakni Blangkejeren, Takengon, dan Simpang Tiga Redelong. Tinggi dari dataran tinggi Gayo ini berada di 1.200 meter di atas permukaan laut.

Selain lima dataran tinggi di Indonesia di atas, ada beberapa dataran tinggi lain.

Seperti, dataran tinggi Puncak (Bogor), dataran tinggi Kerinci (Jambi), dataran tinggi Penreng (Sulawesi Selatan), dataran tinggi Wajo (Sulawesi Selatan), dataran tinggi Arfak (Manokwari), dan dataran tinggi Jayawijaya (Papua).



Simak Video "Penampakan Gletser Pegunungan Alpen Alami Pencairan Terparah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia