Kisah Penghuni Surga Terakhir yang Sebelumnya Sempat Masuk Neraka

Kristina - detikEdu
Sabtu, 13 Agu 2022 05:00 WIB
The ladder that goes into the sky
Ilustrasi surga. Foto: Getty Images/iStockphoto/Trifonov_Evgeniy
Jakarta -

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits shahih tentang kisah penghuni surga terakhir yang sebelumnya masuk neraka karena dosanya. Orang tersebut kemudian dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke surga karena tauhidnya.

Kisah tersebut diceritakan kembali oleh Umar Sulaiman Al-Asyqar dalam Qashash Al Ghaib fii Shahih Al Hadits An-Nabawi dan diterjemahkan oleh Asmuni.

Umar Sulaiman Al-Asyqar mengatakan, dalam hadits tersebut diceritakan, Allah SWT telah menyampaikan kepada Rasulullah SAW tentang kisah seorang pria yang masuk neraka dan dimasukkan ke surga. Dia adalah orang terakhir yang keluar dari neraka dan masuk ke surga.

Dari Abu Dzar, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya aku mengetahui penghuni surga terakhir memasuki surga dan penghuni neraka keluar darinya. Yaitu orang yang akan dihadirkan pada hari kiamat lalu dikatakan, 'Tunjukkan kepadanya dosa-dosa kecilnya dan hilangkan dosa-dosa besarnya.'

Maka, ditunjukkan kepadanya dosa-dosa kecilnya, lalu dikatakan kepadanya, 'Engkau telah lakukan pada hari demikian dan demikian, perbuatan demikian dan demikian. Dan kau lakukan pada hari demikian dan demikian, perbuatan demikian dan demikian.'

Maka, dia menjawab, 'Ya.' Dia tidak bisa mengingkarinya. Dia sangat takut jika dosa-dosa besarnya ditunjukkan kepada dirinya. Maka, dikatakan kepadanya. 'Sesungguhnya engkau telah memiliki pengganti bagi setiap keburukan dengan kebaikan.'

Maka, dia berkata, 'Wahai Rabbku! Aku telah melakukan berbagai hal, namun aku tidak melihatnya di sini.' Maka, aku lihat Rasulullah SAW tertawa hingga terlihat gigi gerahamnya."

Menurut syarah hadits sebagaimana dijelaskan Umar Sulaiman Al-Asyqar, Rasulullah SAW sampai tertawa karena peristiwa tersebut menjadi bahan tertawaan dan membuat orang takjub.

Sebab, ketika pria tersebut merasa ketakutan jika ditunjukkan dosa-dosanya, namun karena kejadian itu, dia langsung bertanya tentang keberadaannya, karena dia tidak melihatnya tercatat di lembaran-lembaran amalnya.

Kisah penghuni surga terakhir ini juga diriwayatkan At-Tirmidzi dalam Kitab Shifatu Jahannam bab Maa Dzukira man Yakhruju min An-Naari min Ahli At-Tauhid.



Simak Video "Ma'ruf Amin: Penduduk Surga Kebanyakan Bangsa Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia