7 Ide Hiasan Kelas untuk 17 Agustus, Bisa buat Inspirasi Siswa!

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 12 Agu 2022 07:30 WIB
Aktivis Organisasi Kepemudaan Patriot Bangsa Cabang Sukadiri dibantu anak-anak menjahit Bendera Merah Putih ukuran raksasa di Sukadiri, Kasemen, Serang, Banten, Senin (8/8/2022). Pembuatan Bendera Merah Putih dengan panjang 50 meter dan lebar 2,5 meter itu dalam rangka persiapan menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di area Cagar Budaya Kesultanan Banten. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Ilustrasi menghias kelas untuk perayaan 17 Agustus. Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN
Jakarta -

Pada perayaan HUT RI ke-77, Pemerintah RI mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Jelang momen tersebut, tentunya masyarakat telah merencanakan banyak kegiatan menarik untuk dilakukan bersama.

Pemerintah pun telah memberikan beberapa ide mengenai cara merayakan ulang tahun Republik Indonesia tahun ini. Beberapa ide tersebut dipaparkan dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di antaranya adalah mengibarkan bendera Merah Putih dan memasang dekorasi secara serentak di lingkungan masing-masing pada 1-31 Agustus 2022, menerapkan logo dan desain turunan HUT RI ke berbagai bentuk media sesuai kapasitas, dan lain sebagainya.

Tentunya, anak sekolah tidak boleh ketinggalan menyemarakkan momen ini. Siswa bisa ikut berpartisipasi melalui kegiatan mendekorasi kelas masing-masing dengan hiasan bernuansa kemerdekaan.

Untuk itu, berikut ini detikEdu memiliki beberapa rekomendasi ide dekorasi 17 Agustus buat kalian!

Ide Hiasan Kelas untuk 17 Agustus

1. Memasang quote-quote di kelas

Sekarang ini untuk menghasilkan sebuah desain yang menarik, siswa bisa memanfaatkan aplikasi desain grafis, bahkan yang mudah sekalipun. Sebagai contoh, kalian dapat menggunakan Canva untuk membuat tulisan-tulisan quote dengan ragam huruf yang menarik.

2. Memanfaatkan barang bekas

Siswa bisa menggunakan berbagai barang bekas agar mereka bisa bermanfaat lebih lama. Sebagai contoh, kalian dapat memakai rol tisu bekas dan mewarnainya merah putih. Selanjutnya, rol tisu yang sudah dihias ini bisa digantung di atas papan tulis atau jendela kelas.

3. Kertas post it

Siswa juga bisa membuat hiasan kelas antimainstream menggunakan kertas post it. Di kertas-kertas tersebut, kalian dapat menuliskan harapan-harapan bagi Indonesia ke depannya.

4. Lampu hias tumblr

Lampu tumblr juga dapat dijadikan salah satu ornamen yang mempercantik kelas. Pilih yang desainnya sesuai dengan nuansa kemerdekaan. Selain itu, jangan lupa persiapkan perlengkapan pendukung lainnya seperti steker listrik ya.

5. Balon foil

Mendekati momen besar seperti HUT RI, akan ada banyak sekali pedagang yang menjual berbagai hiasan bertema kemerdekaan, contohnya balon foil. Siswa bisa membeli balon foil dan memasangnya di dinding kelas.

6. Lampion buatan sendiri

Lampion dianggap sebagai simbol harapan dan kebahagiaan. Untuk membuatnya dengan mudah, kalian bisa memanfaatkan kertas warna-warni yang biasa dijual di toko alat tulis. Jika sudah jadi, lampion ini bisa dipasang di sudut-sudut kelas yang kalian anggap menarik.

7. Lukisan

Siswa yang berbakat dalam menggambar bisa menyiapkan ide untuk dituangkan di atas kanvas atau kain putih yang bisa menjadi media lukis. Selain itu, kalian juga bisa membuat ilustrasi melalui aplikasi desain grafis terlebih dahulu dan mencetaknya di atas kain. Hasilnya nanti bisa dipasang di sisi dinding yang paling luas di kelas.

Itulah beberapa ide hiasan kelas untuk perayaan 17 Agustus. Detikers sudah ada ide?



Simak Video "Melihat Antusiasme Warga Kulon Progo Pasang Seribu Lampu untuk HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia