Sifat Fisika dan Kimia Beserta Contoh Perubahannya, Siswa Harus Tahu

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 10 Agu 2022 12:30 WIB
Scientists working in lab. Testing medical marijuana buds
Foto: Getty Images/janiecbros
Jakarta -

Siapa yang sudah paham materi mengenai zat dan karakteristiknya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)? Yap, zat adalah segala hal yang menempati suatu ruang dan memiliki massa. Sifat dalam zat ini dikategorikan menjadi dua, yakni sifat fisika dan kimia.

Zat merupakan instrumen yang selalu ada di mana pun itu. Apa saja contohnya? Misalnya, ada manusia yang merupakan zat karena hidup dalam ruang dan memiliki massa. Atau, ada udara, air, dan api sebagai zat yang ada di dalam bumi.

Pengertian Sifat Fisika dan Kimia

Mengutip dari buku Mengenal Sifat Kimia dan Fisika Zat (2019) yang ditulis oleh Bayu Sapta hari zat atau materi memiliki sifat yang sangat mendasar, yaitu sifat fisika dan kimia. Sifat fisika adalah sifat yang instrumennya dapat diteliti, dianalisis, dan diukur tanpa mengubah susunan utama dari zat.

Apa contoh dari sifat fisika dalam zat? Yaitu, ada warna benda, massa jenis, titik leleh, titik didih, dan juga wujud. Di lain sisi, sifat kimia adalah sifat yang instrumennya dapat bereaksi terhadap zat lainnya. Apa contohnya? Misalnya, ada bensin yang akan terbakar jika tersulut oleh api dan makanan yang akhirnya basi atau busuk.

Sifat fisika dan kimia ini sebenarnya termasuk ke dalam "sifat intensif". Sifat intensif adalah sifat dari suatu zat yang tidak memiliki dependensi pada kuantitas maupun volume dari zat. Oleh karena itu, dapat dipahami jika sifat fisika cenderung berhubungan pada perubahan fisik zat dan sifat kimia cenderung pada reaksi kimia.

Berikut beberapa hal yang termasuk ke dalam sifat fisika:

· Warna

· Bau

· Rasa

· Kerapatan

· Titik didih

· Titik lebur

· Titik beku

· Daya hantar

· Kemagnetan

· Kelarutan

· Kekerasan

Sedangkan, berikut merupakan hal-hal yang termasuk ke dalam sifat kimia:

· Mudah terbakar

· Kestabilan

· Kereaktifan

· Perkaratan

Contoh Perubahan pada Sifat Fisika dan Kimia

Kira-kira apa saja contoh perubahan pada suatu objek dalam yang berhubungan dengan sifat fisika dan kimia? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Perubahan Fisika

· Perubahan bentuk: Ketika kamu sedang menggunting sebuah kertas secara tidak beraturan, maka secara zat, guntingan kertas tersebut masih memiliki sifat dari zat yang masih sama dengan kertas awal. Akan tetapi, bentuk dari kertas tersebut berubah, dari yang awalnya berbentuk persegi panjang menjadi tidak beraturan.

· Perubahan wujud: Ketika kamu membawa es batu ke luar rumah dengan suhu yang panas, maka es tersebut akan akan mencair karena menyerap kalor dari sumber panas sekitarnya, dan mengalami perubahan wujud dari padat (es) menjadi cair (air).

2. Perubahan Kimia

· Perubahan warna: Ketika kamu melihat buah pepaya yang belum matang akan berwarna hijau dan menjadi kuning saat sudah masak. Perubahan warna ini menunjukkan adanya perubahan komposisi zat dalam buah pepaya muda dan yang sudah masak.

· Perubahan suhu: ketika kamu mencampurkan larutan asam klorida dalam tabung reaksi dan ditambahkan natrium hidroksida, maka akan terjadi perubahan suhu dalam larutan kimia ini.

Nah, itu adalah pengertian sifat fisika dan kimia beserta perubahan zat nya. Selamat belajar detikers!



Simak Video "Kisah Ilmuwan yang Celaka Karena Temuannya Sendiri "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia