Apa itu Bunga Sempurna? Ini Pengertian dan Contohnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 18:30 WIB
Bunga matahari bermekaran di perkebunan yang berada di kawasan Italia utara. Pemandangan bunga-bunga matahari yang bermekaran itu sungguh memesona. Ini fotonya.
Foto: AP Photo/Luca Bruno/Apa itu Bunga Sempurna? Ini Pengertian dan Contohnya
Jakarta -

Dalam istilah sains, bunga dibedakan menjadi dua yakni bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Kira-kira apa beda bunga sempurna dan tidak sempurna?


Pengertian Bunga Sempurna

Melansir dari buku Aku Ingin Tahu Sains 22 Bunga (2013) oleh Joy bahwa bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ.

Jadi bisa dikatakan bahwa bagian bunga ini adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan yang berbunga.

Bunga adalah pucuk yang termodifikasi karena menunjukan beberapa perubahan dalam pengaturan apeks pucuk.

Bunga dianggap sebagai ranting yang bersumbu pendek dengan daun-daun yang merapat dan memiliki bentuk khas sesuai fungsinya.

Lalu, apa itu bunga tidak sempurna? Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki salah satu kelamin saja. Artinya, bunga tidak sempurna hanya memiliki alat jantan (benang sari) atau alat betina (putik). Hal ini yang menjadi titik pembeda dari bunga sempurna.

Contoh Bunga Sempurna

Kira-kira apa saja contoh bunga sempurna yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar? Berikut penjelasannya:


1. Bunga Matahari

Bunga Matahari adalah salah satu contoh bunga sempurna. Karena bunga Matahari ini memiliki benang sari dan putik pada satu titik bunga.

Benang sari dan putik ini letaknya saling berdempetan yang menyebabkan proses penyerbukan dapat terjadi.

2. Bunga Anggrek

Sebagai salah satu bunga hias yang sering dimiliki oleh orang-orang, bunga Anggrek juga termasuk bunga sempurna. Bunga Anggrek ini memiliki benang sari dan putik yang letaknya dalam satu duduk bunga untuk melakukan penyerbukan.

3. Bunga Alamanda

Bunga Alamanda ini memiliki daun yang bentuknya lancip dan ujungnya memiliki panjang 6 cm hingga 16 cm. Bunga Alamanda termasuk bunga sempurna yang mempunyai benang sari dan putik di bagian cekung mahkota di bagian dalam.

4. Bunga Kembang Sepatu

Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus Rosa-Sinensis L ini adalah contoh dari bunga sempurna. Seperti bunga sempurna pada umumnya, di mana bunga kembang sepatu memiliki benang sari dan putik yang saling berdekatan di bagian satu titik bunga.

5. Bunga Bugenvil

Bunga yang memiliki nama lain bunga kertas ini memiliki benang sari dan putik yang lengkap. Oleh karena itu, bunga Bugenvil ini sebagai salah satu contoh dari bunga sempurna.

Nah, itulah pengertian bunga sempurna beserta contohnya. Semoga menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Terjerat Narkoba, Manajer BCL Terancam 5 Tahun Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia