Hasbunallah Wanikmal Wakil, Doa Nabi Ibrahim AS dari Kobaran Api

Rahma Harbani - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 06:00 WIB
Nabi Ibrahim
Ilustrasi Nabi Ibrahim AS yang melafalkan hasbunallah wanikmal wakil sebagai kalimat terakhir. (llustrasi: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Hasbunallah wanikmal wakil adalah bacaan doa ringkas dengan sejumlah keutamaan yang dikandungnya. Bahkan, diketahui, doa tersebut menjadi kalimat terakhir yang dilafalkan Nabi Ibrahim AS kala dilemparkan ke dalam api secara hidup-hidup oleh para penyembah berhala.

Keterangan tersebut dijelaskan dalam hadits yang dikisahkan oleh Ibnu Abbas RA. Ia berkata,

ﺣﺴﺒﻨﺎ اﻟﻠﻪ ﻭﻧﻌﻢ اﻟﻮﻛﻴﻞ، ﻗﺎﻟﻬﺎ ﺇﺑﺮاﻫﻴﻢ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺴﻼﻡ ﺣﻴﻦ ﺃﻟﻘﻲ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ. رواه البخاري

Artinya: "Kalimat terakhir yang diucapkan Nabi Ibrahim ketika dilemparkan ke dalam api adalah, 'Hasbunallahu wa nikmal wakil' (cukuplah Allah menjadi penolong bagiku, Allah adalah sebaik-baik pelindung." (HR Bukhari).

Mengutip Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Madarijus Salikin, kalimat hasbunallah wanikmal wakil keluar saat Nabi Ibrahim AS berhadapan dengan penguasa Babilonia yaitu, Raja Namrud. Konteksnya, hal itu terjadi usai Nabi Ibrahim menghancurkan seluruh berhala yang disembah masyarakat Babilonia hingga tersisa satu yang paling besar.

Berhala tersebut hancur begitu saja ketika dirusak oleh Nabi Ibrahim. Hal itulah yang hendak ditunjukkan beliau agar para penyembah berhala tersebut berpikir bahwa yang dilakukan mereka adalah kesesatan dan berhala yang disembah tidak bisa melakukan apa-apa untuk mereka.

Sayangnya, perbuatan Nabi Ibrahim diketahui oleh penguasa Babilonia hingga beliau dijatuhkan hukuman dengan dilemparkan ke dalam kobaran api dalam keadaan hidup. Sesaat sebelum dilemparkan, Nabi Ibrahim mengucapkan, "Hasbunallah wanikmal wakil."

Atas izin Allah SWT, seketika itu pula kobaran api yang membakar tubuh Nabi Ibrahim AS menjadi dingin untuknya. Allah SWT mengabadikan kisah ini dalam surah Al Anbiya ayat 69,

قُلْنَا يٰنَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ ۙ

Artinya: "Kami (Allah) berfirman, "Wahai api, jadilah dingin dan keselamatan bagi Ibrahim!"

Dalam riwayat lain yang dikutip dari tulisan Syaikh Muhammad Al-Utsaimin dalam Syarah Riyadush Shalihin, kalimat hasbunallah wanikmal wakil ternyata juga pernah dilafalkan oleh Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya saat berhadapan dengan kaum kafir Quraisy hingga memenangkan Perang Uhud.

Ibnu Abbas RA berkata,

"Hasbunallah wanikmal wakil, kalimat ini pernah dibaca oleh Nabi Ibrahim AS ketika beliau dilemparkan ke dalam api dan juga dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika orang-orang kafir mengatakan,

'Sesungguhnya orang-orang Quraisy telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kalian. Oleh karena itu, takutlah kalian kepada mereka,'

Akan tetapi, perkataan itu malah menambah keimanan mereka serta mengucapkan hasbunallah wanikmal wakil," (HR Bukhari).

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

Hasbunallah wanikmal wakil sendiri adalah potongan doa yang dinukil dari surah Ali Imran ayat 173. Keistimewaan isi kandungannya dijelaskan dalam buku Ibadah-ibadah Terbaik saat Engkau Diuji Kesusahan dan Kesulitan karya Maswan Abdullah.

"Dengan membaca dzikir tersebut, kita menyatakan diri kepada Allah SWT bahwa dalam keadaan apapun atau ketika menghadapi masalah apapun kita hanya pasrah kepada Allah SWT dan menjadikanNya sebagai tempat bersandar," tulis Maswan Abdullah.

Secara bahasa, hasbunallah wanikmal wakil diartikan sebagai cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung. Dengan kata lain, kalimat tersebut mengandung makna permohonan sekaligus keyakinan kepada Allah SWT bahwa Dia adalah satu-satunya pelindung sebagaimana dijelaskan dalam surat At Talaq ayat 2-3,

(2) وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

(3) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: "Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu,"

Jadi, tidak ada salahnya bagi muslim untuk memperbanyak zikir hasbunallah wanikmal wakil ketika dalam posisi yang sulit dan membutuhkan pertolongan Allah SWT seperti yang sudah dicontohkan oleh para rasul sebelumnya. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Jokowi Cerita soal Pertemuan 1,5 Jam dengan Zelensky"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia