Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Lengkap dengan Kisahnya

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Senin, 04 Jul 2022 06:00 WIB
Ilustrasi Nabi Muhammad
Ilustrasi daftar 25 Nabi dan Rasul serta kisahnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/ramil110
Jakarta -

Kisah 25 nabi dan rasul pasti tidak asing bagi umat muslim. Ketaatan para nabi dan rasul pada aturan Allah bisa menjadi teladan untuk tingkatkan iman dan takwa.

Para nabi dan rasul memiliki peran penting dalam menyampaikan ajaran tauhid pada manusia. Meski dihadapi tantangan, mereka tidak patah semangat atau mengabaikan tugasnya.

Dalam menyelesaikan amanah tersebut, Allah SWT memberikan mukjizat pada hambaNya yang paling istimewa. Dengan anugrah ini, Allah SWT memperlihatkan kuasaNya sehingga manusia tak lagi tersesat.

Kisah tentang mukjizat para nabi dan rasul tersebar dalam Al Quran, hadits, dan kisah-kisah yang dapat dipercaya. Dikutip dari buku Kisah Nyata 25 Nabi dan Rasul, berikut kisah ke-25 nabi dan rasul.

Daftar 25 Nabi dan Rasul Beserta Kisahnya

1. Nabi Adam As
Nabi Adam AS adalah manusia dan khalifah pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.

2. Nabi Idris As
Nabi Idris adalah keturunan Nabi Adam yang dikenal dengan kecerdasannya. Ia adalah nabi pertama yang dapat menulis dan membaca.

3. Nabi Nuh As
Nabi Nuh mendapatkan mulkjizat yaitu mempu membuat perahu yang besar untuk menyelamatkan manusia dan hewan dari banjir bandang.

4. Nabi Hud As
Mukjizat Nabi Hud yakni mampu menurunkan hujan atas izin Allah, di saat kaum 'Ad dilanda kekeringan hingga tanaman mati dan tak ada sumber air.

5. Nabi Shaleh As
Salah satu mukjizat Nabi Shaleh yakni memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah.

6. Nabi Ibrahim As
Nabi Ibrahim juga memiliki mukjizat tetap hidup meski dibakar dengan api. Ia mendapat hukuman dibakar hidup-hidup usai menghancurkan berhala dan tak ingin mengakui Raja Namrud sebagai Tuhan.

7. Nabi Luth As
Nabi Luth As merupakan keponakan Nabi Ibrahim As. Allah SWT mengutusnya untuk kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang.

8. Nabi Ismail As
Nabi Ismail pernah menerima perintah Allah untuk disembelih ayahnya sendiri. Namun ketika Nabi Ibrahim mengarahkan benda tajam untuk menyembelihnya, Allah menggantikan Nabi Ismail dengan kambing. Inilah awal mula qurban pada Hari Raya Idul Adha.

9. Nabi Ishaq As
Dalam Alquran disebutkan Nabi Ishaq memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan yang baik.

10. Nabi Yaqub As
Nabi Yaqub As adalah pribadi yang memiliki karakter yang kuat dan keimanan yang luar biasa.

11. Nabi Yusuf As
Nabi Yusuf As pernah bermimpi kalau bulan, matahari, dan bintang bersujud padanya. Sejak itulah, Nabi Yaqub mengetahui bahwa putranya akan menjadi orang besar.

12. Nabi Ayyub As
Nabi tersabar ini diuji oleh Allah SWT melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis namun tetap taat kepada Allah SWT.

13. Nabi Syu'aib As
Nabi Syuaib As diutus untuk kaum Madyan, kaum ini ingkar dan menolak ajakan Nabi Syuaib As untuk menyembah kepada Allah SWT. Kaum tersebut tetap ingkar sehingga Allah memberikan ujian berupa badai panas, awan hitam, hingga gempa bumi.

14. Nabi Musa As
Kisah Nabi Musa yang paling terkenal ketika tongkatnya mampu membelah lautan ketika dikejar Raja Fir'aun.

15. Nabi Harun As
Nabi Harun As dikaruniai kemampuan berbahasa yang luar biasa.

16. Nabi Zulkifli As
Nabi Zulkifli As adalah anak satu-satunya dari Nabi Ayyub As yang selamat dari reruntuhan rumah.

17. Nabi Daud As
Nabi Daud memiliki mukjizat kitab Zabur. Nabi Daud juga bisa berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman As
Nabi Sulaiman As terkenal sebagai raja yang kaya raya dan berkuasa. Salah satu mukjizat Nabi Sulaiman As adalah bisa bicara dengan binatang, serta memiliki bala tentara dari kalangan manusia, jin, dan hewan.

19. Nabi Ilyas As
Nabi Ilyas As merupakan utusan Allah SWT bagi kaum Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba'al. Meski telah menerima dakwah dari Nabi Ilyas, akan tetapi mereka tetap ingkar hingga Allah menurunkan azab berupa kekeringan yang panjang.

20. Nabi Ilyasa As
Nabi Ilyasa As diberikan tugas untuk melanjutkan dakwah Nabi Ilyas untuk Bani Israil. Salah satu mukjizat Nab Ilyasa As adalah menghidupkan orang mati atas izin Allah SWT.

21. Nabi Yunus As
Mukjizat Nabi Yunus As adalah tetap selamat ketika ditelan ikan Paus.

22. Nabi Zakaria As
Nabi Dzakaria As adalah keturunan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As.

23. Nabi Yahya As
Nabi Yahya As adalah anak dari Nabi Zakaria As yang lahir ketika usianya sudah sangat tua. Nabi Yahya As ialah seorang yang berprinsip, integritas tinggi, dan penegak keadilan.

24. Nabi Isa As
Nabi Isa As terlahir dengan mukjizat Allah SWT dari seorang perempuan suci bernama Maryam. Beliau mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani.

25. Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir sekaligus penutup. Mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Al-Qur'an, sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan oleh Allah SWT.

Demikian 25 mukjizat nabi dan rasul yang bisa kita teladani. Semoga membantu, detikers!



Simak Video "Polisi India Tembak Mati 2 Pedemo soal Pelecehan Nabi Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia