Servis dalam Bola Voli Diartikan sebagai Apa? Ini Penjelasannya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Senin, 08 Agu 2022 13:50 WIB
Pebola voli putra Sumatera Utara Rudiyanto melakukan servis ke arah sisi lapangan tim Jawa Timur pada penyisihan grup Bola Voli putra PON Papua di GOR Voli Indoor Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). Tim bola voli putra Jawa Timur berhasil mengalahkan Sumatera Utara dengan skor 25-18, 29-27 dan 25-22. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN/Servis dalam Bola Voli Diartikan sebagai Apa? Ini Penjelasannya
Jakarta -

Servis dalam olahraga bola voli adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap pemain bola voli. Hal ini karena servis menjadi sebuah teknik dasar dalam permainan voli.

Dijelaskan dalam buku Permainan Bola Voli Berbasis Sport Science karya Dr. Angga Indra Kusuma dan kawan-kawan, bahwa servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari daerah yang berada di belakang lapangan. Bola kemudian akan melayang melampaui net menuju arah lawan.

Servis dalam bola voli diartikan sebagai pukulan pertama di awal permainan atau permulaan dimulainya suatu pertandingan. Walaupun begitu, servis tidak hanya dilakukan di awal permainan, tetapi juga dilakukan setelah terjadinya suatu kesalahan.

Melansir buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Kelas X SMA oleh Irwansyah, terdapat teknik-teknik dasar servis dalam olahraga bola voli yang harus diperhatikan, yakni:


- Berkonsentrasi

- Mengusahakan agar bola yang dipukul masuk ke daerah lawan

- Mengusahakan agar proses servis berjalan dengan cepat, keras, dan tepat

- Memperhatikan lawan yang lemah saat menerima pukulan servis

- Mengarahkan bola pada posisi daerah yang kosong atau pada posisi lemah regu lawan


Cara Melakukan Servis dalam Olahraga Bola Voli

Mengutip buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Kelas IX SMP karya Asep Kurnia Nenggala, berdasarkan caranya, pukulan servis dalam olahraga bola voli dapat dikategorikan dalam beberapa cara, di antaranya:


1. Servis Atas Menghadap Lapangan

Servis ini diawali dengan berdiri dan posisi salah satu berada di depan. Tangan yang memegang bola sejajar dengan bahu.

Tangan bebas pelaku servis berlawanan dengan posisi kaki yang di depan. Tangan bebas berada di samping kepala, siku dalam keadaan ditekuk mengarah ke samping.

Kemudian bola dilambungkan ke bagian depan atas kepala dan dipukul dengan menarik tangan bebas ke belakang. Saat memukul bola, pelaku servis harus menguatkan pergelangan tangan. Lalu secara berkesinambungan tangan diayunkan ke arah bola atau ke depan atas.

Selanjutnya adalah melakukan gerakan lanjutan dengan mengikuti gerakan bola setelah dipukul. Lengan dalam keadaan segaris dengan gaya dorong ke depan, sambil melangkahkan kaki belakang ke depan.


2. Servis Atas Menyamping Lapangan

Keadaan pemain adalah berdiri dengan salah satu kaki di depan. Tangan dalam keadaan setinggi pinggang sambil memegang bola.

Tangan pelaku servis berlawanan dengan posisi kaki yang di depan berada di samping badan. Sikap badan menyamping lapangan.

Ketika bola dilambungkan ke atas bagian depan kepala, bola dipukul dengan mengayunkan tangan secara bebas dari bawah samping badan melewati kepala bagian atas. Pergelangan tangan dikuatkan ketika memukul bola.

Setelah bola dipukul, pemain melakukan gerakan lanjutan. Mengikuti gerakan bola yang dipukul dengan sikap lengan segaris dengan gaya dorong ke depan.

Hal ini dilakukan bersamaan dengan putaran kaki belakang ke depan membentuk sudut 90o atau -180o.


3. Floating Overhand Serve

Pemain berdiri dengan salah satu kaki berada di depan atau kedua kaki sejajar menghadap lapangan. Bola dipegang dengan tangan setinggi kepala dan tangan dalam keadaan seperti menggenggam sesuatu.

Bola dilambungkan hingga ke depan bagian atas kepala, kemudian bola dipukul pada bagian tengah dengan tangan dalam keadaan pergelangan yang menegang.

Setelahnya, keadaan lengan segaris dengan gaya dorong ke depan. Apabila pukulan dilakukan dengan keras dan cepat, maka gerakan lanjutan tidak perlu dilakukan.


4. Slider Floating Overhand Serve

Pada teknik ini, pemain bola voli berdiri dengan posisi kaki sejajar menyamping sambil memegang bola pada satu tangan.

Sikap tangan seperti sedang menggenggam sesuatu. Salah satu kaki dilangkahkan menyamping sambil melambungkan bola ke depan salah satu sisi bahu. Kemudian bola dipukul dengan keadaan pergelangan tangan yang menegang.

Pukulan dimulai dengan mengayunkan tangan yang bergerak melingkar sambil memindahkan berat badan ke kaki depan.

Setelah memukul bola lengan dalam keadaan segaris dengan gaya dorong ke depan sambil memindahkan berat badan ke depan.

Nah, itulah mengenai servis dalam olahraga bola voli dan cara melakukannya. Selamat mencoba melakukan servis detikers!



Simak Video "Adu Smash, Asiknya Seru-seruan Bermain Voli Pantai, Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia