5 Tips Jadi Mahasiswa Baru yang Produktif, Nomor 1 Sering Diabaikan

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Minggu, 07 Agu 2022 19:00 WIB
Ilustrasi Mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa baru. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Biasanya, mahasiswa baru atau maba kerap dituntut jadi produktif. Bahkan, mereka tak ragu mengikuti ragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi-organisasi kemahasiswaan agar produktif.

Alih-alih produktif, mahasiswa malah bisa mengalami stres dan tekanan terhadap pekerjaan atau biasa disebut dengan istilah burnout. Bagi kamu maba yang ingin jadi produktif tanpa mengalami burnout, simak deretan tips di bawah ini yang dipaparkan oleh Waode Hamsia, Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya).

Tips Jadi Maba Produktif

1. Manajemen Waktu

Kesuksesan mahasiswa di kampus dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti sistem perkuliahan, budaya mengajar, dosen, lingkungan, keluarga dan yang paling penting diri sendiri.

Maka dari itu, manajemen waktu jadi hal yang paling utama. Karena, jika maba tidak pintar dalam mengatur waktu, tentu ia akan kewalahan dengan rutinitas yang padat. Akibatnya, mahasiswa mengalami burnout.

"Pertama adalah manajemen waktu. Misalnya, mahasiswa harus sadar pentingnya manajemen waktu, jika tidak dipahami betul-betul bisa menjadi masalah karena mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan baru," kata Waode dikutip dari laman resmi kampus UM Surabaya pada Minggu (7/8/2022).

2. Buat To-Do-List

Tips selanjutnya, maba dapat membuat to-do-list atau agenda-agenda yang dilakukan secara terstruktur. Membuat to-do-list bisa dilakukan di ponsel ataupun buku catatan yang selalu dibawa.

Fungsi dari to-do-list ini akan membantu mahasiswa mengatur jadwal sehingga tidak berbenturan satu sama lain.

3. Atur Waktu Istirahat

Mengatur waktu istirahat jadi hal yang paling penting. Karena, jika mahasiswa kurang istirahat maka akan mempengaruhi konsentrasi belajar saat mengikuti kelas.

"Dengan mengatur waktu istirahat, dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan produktivitas sebagai mahasiswa," jelas Waode.

4. Merencanakan Waktu Pengerjaan Tugas

Tips yang satu ini tidak kalah pentingnya. Mahasiswa produktif biasanya memilah tugas yang bisa dikerjakan terlebih dahulu agar tidak menjadi kaum deadliner atau SKS (sistem kebut semalam).

"Jika mengerjakan tugas dengan waktu yang mendadak, biasanya akana da saja permasalahan yang muncul. seperti, gagal mengupload tugas, printer bermasalah, dan lainnya. Merencanakan waktu pengerjaan tugas bertujuan agar dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya," ungkap Waode.

5. Ikuti Kegiatan Kampus

Mengikuti kegiatan kampus juga termasuk ke dalam tips menjadi mahasiswa yang produktif. Kegiatan kampus tidak selalu organisasi, tapi juga bisa perlombaan dan UKM. Kegiatan kampus ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dasar mahasiswa yang akan digunakan saat perkuliahan maupun di dunia kerja nantinya.

"Organisasi itu penting untuk mencapai kemampuan nonteknis yang diperlukan, tapi jangan kehilangan tanggung jawab dan komitmen awal," tambah Waode.

Selain 5 tips di atas, Waode juga mengingatkan para mahasiswa baru untuk menciptakan ekosistem belajar yang nyaman. Biasanya bisa dengan menentukan tempat belajar, suhu ruangan, waktu pencahayaan hingga menyalakan musik.

Jika sudah mendapatkan suasana belajar yang nyaman, maka mahasiswa akan lebih mudah fokus.



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia