Surah Ar Rahman Ayat 55: Tentang Nikmat Allah yang Disebut Hingga 31 Kali

Kristina - detikEdu
Minggu, 07 Agu 2022 06:00 WIB
Ilustrasi Al Quran
Ilustrasi Al-Qur'an surah Ar Rahman ayat 55. Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Surah Ar Rahman ayat 55 disebut hingga 31 kali, mulai dari ayat 13 hingga 77. Menurut tafsir Kementerian Agama RI, ayat ini menerangkan tentang nikmat Allah SWT.

Berikut bunyi surah Ar Rahman ayat 55:

فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ ٥٥

Fa bi`ayyi ālā`i rabbikumā tukażżibān

Artinya: "Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan (wahai jin dan manusia)?"

Merujuk pada Tafsir Tahlili Kementerian Agama, ayat tersebut menerangkan bahwa pada saat itu Allah menanyakan tentang nikmat mana lagi yang kamu (jin dan manusia) dustakan, terutama nikmat yang telah Allah berikan pada hari ini.

"Kabar derita dan peringatan pedih yang telah disampaikan-Nya, yaitu agar manusia meninggalkan dan menjauhi perbuatan dosa. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan, hai manusia dan jin? Masing-masing mendapat ganjaran sebagaimana yang diterangkan Allah. Bukankah itu nikmat yang besar bagi kamu sekalian," bunyi tafsir tersebut.

Allah SWT mengulang firman-Nya dalam surah Ar Rahman ayat 55 (fa bi`ayyi ālā`i rabbikumā tukażżibān) tersebut sebanyak 31 kali. Lafaz pertama disebut pada ayat 13 dan terakhir pada ayat 77.

KH Muhammad Sholikhin mengatakan dalam buku Mukjizat Matematik Al-Qur'an, pengulangan ayat tersebut merupakan peringatan kepada kita bahwa Allah SWT telah memberikan nikmat yang tak terhitung jumlahnya.

"Salah satunya nikmat salat. Namun, mengapa kadang kala manusia tidak menjalankan nikmat yang diberikan itu dengan bersungguh-sungguh dan penuh keikhlasan?" ucap Muhammad Sholikhin dalam tulisannya.

Tentang Surah Ar Rahman

Surah Ar Rahman adalah surah ke-55 dalam urutan mushaf Al-Qur'an yang terdiri dari 78 ayat. Menurut sejumlah pendapat, membaca surah ini bisa meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Hal ini disebabkan oleh banyaknya nikmat yang disebut berulang kali di dalamnya.

Ar Rahman artinya Yang Maha Pengasih. Mengutip buku Kumpulan Surah-Surah Istimewa dalam Al Quran yang disusun oleh tim Lingkar Kalam, sebagian isi surah ini menerangkan tentang rasa kasih Allah SWT kepada hamba-Nya.

Surah Ar Rahman juga disebut 'Pengantin Al-Qur'an'. Sebagaimana diterangkan dalam hadits riwayat Baihaqi. Rasulullah SAW bersabda:

لكلِّ شيءٍ عروسٌ، وعروسُ القرآنِ الرحمنِ

Artinya: "Segala sesuatu ada pengantinnya, dan pengantin Al-Qur'an adalah surah Ar Rahman."



Simak Video "Innalillahi, Ustazah di Tebet Meninggal Saat Baca Al-Quran"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia