ADVERTISEMENT

Surat Al Mulk Ayat 1-30, Bacaan Sebelum Tidur sebagai Penyelamat Siksa Kubur

Kristina - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 21:00 WIB
Sejumlah warga melakukan tadarus Kitab Suci Al-Quran di rumah masing-masing kawasan RW 05 Sunter Agung, Jakarta Utara, Selasa (5/4).
Ilustrasi membaca Al-Qur'an surat Al Mulk sebelum tidur. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Surat Al Mulk adalah surat ke-67 dalam urutan mushaf Al-Qur'an yang terdapat dalam juz 29. Menurut sebuah riwayat, orang yang membaca surat Al Mulk sebelum tidur akan terhindar dari siksa kubur.

Merujuk pada Tafsir Al Azhar, surat Al Mulk dan sepuluh surat lainnya yang terdapat dalam juz 29 diturunkan di Mekkah. Surat-surat yang diturunkan di Mekkah ini umumnya ayatnya pendek-pendek, tetapi isinya padat.

"Dia berisi banyak tantangan kepada pendirian kaum kafir yang salah. Dia pun berisi tasliyah atau kata pengobat hati bagi Nabi Muhammad SAW, yang selalu dibantah kaumnya. Dia pun berisi peringatan yang keras bagi orang yang tidak mau mengikuti ajaran yang benar, di samping memberikan harapan bagi orang yang mau mematuhi dakwah Rasulullah SAW," demikian bunyi tafsir tersebut.

Al Mulk artinya Kerajaan. Prof Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menjelaskan, dinamakan demikian karena surat ini dibuka dengan penyucian dan pengagungan Allah kepada zat-Nya yang ada di tangan-Nya segala kerajaan-kerajaan langit dan bumi, hanya bagi-Nya kekuasaan mutlak dan alam semesta dikelola sesuai kehendak-Nya.

Surat ini juga dinamakan al-Waaqiyah (yang menjaga), al-Munjiyah (yang menyelamatkan) karena surat ini menjaga dan menyelamatkan para pembacanya dari siksa kubur. Sementara itu, Ibnu Abbas menamainya dengan al-Mujaadilah (yang mendebat), sebab surat ini kelak akan membela pembacanya di alam kubur.

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk

Surat Al Mulk termasuk surat yang rutin dibaca Rasulullah SAW sebelum tidur. Hal ini disandarkan pada sebuah riwayat yang berasal dari Jabi RA.

ان النبي صلّى اللّه عليه وسلّم لا ينام حتى يقرأ الم تَنْزِيلُ السجدة ، وتَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: "Nabi SAW tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarakalladibiyadihil-mulk (surat Al Mulk)," (HR Ahmad).

Orang yang membaca surat Al Mulk akan mendapatkan keselamatan dari siksa kubur. Sebagaimana diceritakan dari sahabat Abdullah bin Mas'ud RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

من قَرَأَ ( تبَارك الَّذِي بِيَدِهِ الْملك ) كل لَيْلَة مَنعه الله بهَا من عَذَاب الْقَبْر

Artinya: "Siapa yang membaca surat Al Mulk setiap malam, Allah SWT akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut," (HR An Nasa'i).

Keutamaan lain orang yang membaca surat Al Mulk adalah mendapat syafa'at atau penolong kelak di alam kubur. Pendapat ini mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan imam pengarang kitab sunan empat. At Tirmidzi mengatakan ini adalah hadits hasan.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: "Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Qotadah, dari 'Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, 'Ada suatu surat dari Al-Qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa'at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: Tabaarakalladzii biyadihil mulku... (surat Al Mulk)."

Selanjutnya bacaan surat Al Mulk Arab,latin, dan terjemahan>>>

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia